Program Studi Informatika berdiri pada tahun 2016 bersamaan dengan Program Studi Teknik Industri dan Teknik Lingkungan. Kehadiran program studi Informatika di Institut Teknologi Kalimantan diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung Buku Putih Indonesia 2005-2025 di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dalam mengakomodir kebutuhan dunia kerja, Program Studi Informatika ITK difokuskan pada tiga bidang keahlian, yaitu Computer Network (Jaringan Komputer), Computer Science (Ilmu Komputer), dan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Bidang keahlian ini melingkupi keilmuan yang berinteraksi dengan keilmuan perangkat lunak, komunikasi dan komputasi mesin. Kurikulum pembelajarannya lebih difokuskan pada teori, prinsip, dan penerapan kecerdasan buatan dan perangkat lunak berbasis komputer dan matematika dasar dalam permasalahan perancangan aplikasi dan sistem yang berbasis komputer.
Lulusan Prodi Informatika ITK diharapkan memiliki kompetensi dalam bidang dasar informatika, memiliki keahlian dalam pemrograman komputer serta mampu mendayagunakan, mengevaluasi dan mengidentifikasi pengembangan sistem berbasis komputer.


Visi

Menjadi program studi unggul di bidang Informatika yang inovatif dan kreatif dalam poros Kalimantan pada tahun 2025

Misi


Berdasarkan visi tersebut, maka misi Program Studi S1 Sistem Informasi adalah:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang efektif, efisien, dan berkelanjutan dalam rangka menghasilkan lulusan sarjana Informatika
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Informatika, berjiwa wirausaha (entrepreneur) dan dapat berperan positif di tingkat nasional dan internasional (world class)
  3. Meningkatkan kontribusi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam masyarakat dengan mengembangkan produk dan layanan dalam bidang Informatika di tingkat regional, nasional maupun internasional



Kurikulum Informatika

Download kurikulum

Prospek Lulusan

Pengajar

Ariyadi, S.ST., M.T.

Informatika


Artificial Intelligence
Adaptive Agents
Game Technology
Immersive Environment


M. Hilmil Muchtar Aditya P, S.Kom., M.Sc.

Informatika


Image Processing
Image Registration
Machine Learning
Medical Image Analysis