Program Studi (Prodi) Teknik Elektro ITK merupakan salah satu Prodi yang tergabung dalam Jurusan Teknologi Industri dan Proses. Prodi ini didirikan pada tahun 2012 dan memulai perkuliahan di Jurusan Teknik Elektro ITS, kampus ITS Sukolilo Surabaya dari tahun 2012 dan 2014. Pada tahun 2015, Teknik Elektro ITK melakukan perkuliahan di Kampus Institut Teknologi Kalimantan yang bertempat di Karang Joang KM. 15 Balikpapan Utara Kalimantan Timur.
Prodi Teknik Elektro memiliki 98 mahasiswa yang terbagi menjadi 4 angkatan (18 mahasiswa angkatan 2012, 6 mahasiswa angkatan 2013, 5 mahasiswa angkatan 2014 dan 69 mahasiswa angkatan 2015).
Prodi Teknik Elektro ITK memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan pada bidang konversi energi, bidang sistem tenaga, teknologi informasi dan komunikasi dan bidang otomasi industri sehingga memiliki kompetensi yang diperlukan untuk dapat bekerja baik di institusi akademik, BUMN dan industri.
Dalam melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi (Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat), Prodi Teknik Elektro ITK memberikan perhatian besar pada bidang energi, sistem distribusi dan transmisi, dan sistem pengaturan. Fokus dari penelitian dan tugas akhir Prodi Teknik Elektro:

1. Renewable Energy
Renewable energy menjadi suatu topik yang sangat penting sebagai akibat dari krisis energi. Jumlah energy fosil yang tersedia saat ini di dunia sudah mengalami penurunan secara signifikan dan semakin mahal, yang pada batas tertentu akan menjadi habis. Di Indonesia, potensi alam yang dimiliki untuk mengembangkan renewable energy sangat feasible namun baru sangat sedikit dimanfaatkan. Karena hal inilah, Prodi Teknik Elektro ITK bersama-sama dengan Prodi Teknik Kimia ITK, Prodi Teknik Sipil ITK, Prodi Matematika ITK dan Prodi Fisika ITK akan mengembangkan penelitian dibidang renewable energy, khususnya pada energi matahari, energi angin dan energi air.

2. Smart Grid
Energi listrik saat ini merupakan kebutuhan primer masyarakat. Sistem tenaga listrik modern harus mampu mengakomodasi kebutuhan listrik konsumen dengan kualitas daya yang baik. Penyedia tenaga listrik mampu memonitor dan mengontrol sistem distribusi tenaga listrik. Smart grid merupakan sistem distribusi cerdas yang mampu mengelola dan mengelola sistem distribusi listrik dengan cara mengintegrasikan antara pembangkit listrik energi pada sistem distribusi (microgrid), sistem distribusi listrik, sistem pembacaan (sensing), sistem kendali dan sistem komunikasi pada sistem tenaga. Prodi Teknik Elektro ITK bersama-sama dengan Prodi Matematika, Prodi Sistem Informasi, Prodi Fisika, Prodi Teknik Mesin, dan Prodi Teknik Sipil akan mengembangkan penelitian Smart Grid.

Visi

Menjadi institusi pendidikan dan pusat inovasi di bidang Teknik Elektro yang unggul dan berperan aktif dalam percepatan kemajuan pembangunan nasional pada tahun 2025

Misi


Berdasarkan visi tersebut, maka misi Program Studi S1 Teknik Elektro adalah:
  1. Menghasilkan sarjana Teknik Elektro yang kompeten, berkualitas, berintegritas, inovatif dan berjiwa wirausaha
  2. Menciptakan lingkungan akademik yang mendorong tumbuhnya inovasi berkelanjutan dengan aktif melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan
  3. Menjalin hubungan dengan institusi akademik, instansi pemerintahan, dan industri-industri terkait untuk bersinergi membentuk dan melaksanakan program-program kerjasama
  4. Menjadi mitra masyarakat dalam pemanfaatan potensi daerah dan teknologi untuk kemanusiaan


Kurikulum Teknik Elektro


Download kurikulum

Prospek Lulusan

Pengajar

Yun Tonce Kusuma Priyanto, S.T., M.T.

Teknik Elektro


Transmission System
Distribution System
Operation and Control

Adi Mahmud Jaya Marindra, S.T., M.Eng.

Teknik Elektro


Wireless communication
Antennas and propagation
Radio Frequency Electronics

Andhika Giyantara, S.T., M.T.

Teknik Elektro


Electrical Machine
Control System
Industrial Automation

Happy Aprillia, S.ST, M.T, M.Eng

Teknik Elektro


Harmonic power flow
Power quality
Radial distribution power flow

Himawan Wicaksono, S.ST., M.T.

Teknik Elektro


Computer Vision
Robotika

Murman Dwi Prasetio S.T., M.BA

Teknik Elektro


Sensor
Micro Controller
Speech Recognition

Nita Indriani Pertiwi, S.T., M.T

Teknik Elektro


Energy Conversion


Thorikul Huda S.T., M.T.

Teknik Elektro


Control System