Bakti Sosial Teknik Perkapalan ITK ke Panti Asuhan Darussilmi

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Sebagai bentuk pengaplikasian terhadap Tridharma Perguruan Tinggi, maka jajaran dosen Program Studi Teknik Perkapalan beserta Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan (Himanaval) melakukan bakti sosial pada Ahad, 29 April 2018. Kegiatan yang bertemakan edukasi anak yatim melalui upaya peningkatan minat belajar, serta pemberian santunan kepada panti asuhan Darussilmi ini merupakan kegiatan rutin yang hampir tiap tahun dilakukan oleh mahasiswa teknik perkapalan ITK.

Saat ini panti asuhan yang terletak di Jalan Projakal Balikpapan ini dihuni lebih dari 50 anak.

“Mewakili jajaran dosen Teknik Perkapalan dan mahasiswa, saya mengucapkan syukur alhamdulillah karena hari ini kami bisa melaksanakan bakti sosial ini. Ini merupakan wujud dari rasa kemanusiaan kita antar sesama. Senang skali rasanya bisa berbagi,” kata Suardi.

Kami ingin meringankan beban saudara-saudara kita di Panti Asuhan Darussilmi ini karena memang pada hakikatnya kita sebagai mahluk sosial tidak bisa hidup sendiri. Dengan kegiatan seperti ini, kita bisa melatih tanggung jawab sosial kita.

Bakti sosial inilah bentuk nyata dari kepedulian dan tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat khususnya adik-adik kita yang ada di panti asuhan ini. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi adik-adik di panti asuhan ini,” ujar Suardi.

Di depan mahasiswa dan anak-anak panti asuhan, Suardi menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial insya Allah akan dilakukan secara rutin setiap tahun “Jika kita suka membantu meringankan beban saudara kita, maka Allah juga akan meringankan beban-beban kita. Maka sering-seringlah kita melihat ke bawah agar hati senantiasa dipenuhi rasa syukur,” ucapnya.

“Alhamdulillah kami ucapkan banyak terima kasih kepada Kampus ITK. Khususnya Prodi Teknik Perkapalan yang telah meluangkan waktu melakukan bakti sosial ini. Saya mewakili pihak yayasan sangat bersyukur,” kata Ketua Yayasan Panti Asuhan Darussilmi, Maria Ulfa.

Rangkaian acara dimulai dengan melakukan edukasi berupa pelatihan Matematika dan Bahasa Inggris untuk adik-adik panti asuhan. Di sela sela kegiatan, mahasiswa ITK tak henti-hentinya memberikan motivasi kepada penghuni panti untuk terus menumbuhkan minat belajarnya. “Alhamdulillah mereka sangat antusias sekali. Teruslah bermimpi untuk meraih cita-cita kalian,” ujar Muhammad Bagus, koordinator mahasiswa yang hadir.

Kepala Departemen Kemaritiman, Himanaval ITK, Ahmad Zakaria mengatakan kegiatan tersebut sangat positif dan beredukasi. “Di samping kita bisa belajar dan bermain, kita juga bisa memberi semangat adik-adik panti dan menumbuhkan rasa kepedulia terhadap sesama.”

Salah seorang Pengurus di Panti Asuhan Darussilmi, Nutul menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan bantuan dosen dan mahasiswa ITK. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat. “Terima kasih. Kakak-kakak mahasiswa telah peduli untuk membantu adik-adik, semoga kegiatan ini tidak sampai di sini. Kalian telah kami anggap sebagai keluarga. Semoga setelah lulus kuliah dan sukses, kalian tetap berkunjung ke sini.”

Silvia, perwakilan dari anak-anak panti asuhan berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan lagi. “Kegiatannya seru sekali.”
-end-
Suardi untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *