Bantu Petani Suburkan Tanah Melalui Aplikasi Pintar

Dari Limbah Jadi Berkah: Inovasi Bubuk Kaldu Dari Cangkang Kepiting
05/07/2018
Teh Penjernih Jelantah
06/07/2018
Tunjukkan semua

Bantu Petani Suburkan Tanah Melalui Aplikasi Pintar

ITK News I Inovasi Mahasiswa

Balikpapan – Beberapa mahasiswa dari Institut Teknologi Kalimantan menciptakan inovasi di bidang pertanian. Mereka adalah Imam Muhammad Hakim, Nurul Aprilia, dan Keyflinn Silaban. Soil Data Monitoring atau disebut SDM adalah karya dari inovator muda ini.

Siapa sangka bahwa kampus ini dapat memberikan inovasi di bidang pertanian yang memiliki notabene merupakan salah satu sektor yang menunjang Indonesia dalam melaksanakan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2025 tahap ke-3. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat luar biasa mengingat kampus ini masih berusia sangat muda.

“Memang, untuk di kalangan inovator bangsa, usia kami masih sangat muda. Namun, kami tidak akan kalah dengan inovator muda lainnya!” ungkap Nurul.

Ketiga mahasiswa ini memulai ide mereka berawal dari kegagalan panen yang dialami oleh para petani. Resah dengan hal tersebut, ketiga mahasiswa ini tidak tinggal diam saja. Alih–alih ingin membantu para petani, mereka memulai aksi mereka dengan membuat SDM. Meski menemui banyak rintangan, mereka akhirnya dapat menciptakan SDM.

SDM sendiri memiliki cara kerja untuk mengukur suhu di sekitar tanah, kelembapan tanah, dan tingkat keasaman dari tanah itu sendiri. Dengan menggunakan ide Internet of Things, maka SDM dapat mengirim data yang telah direkam ke sebuah aplikasi yang telah mereka ciptakan. Setelah data dari ketiga parameter tersebut dikirim ke aplikasi, maka aplikasi akan mengolah tersebut dan akan menyesuaikan dengan ketetapan yang telah ditetapkan Balai besar pertanian. Sehingga, komoditas tanaman yang sesuai dengan lahan tersebut dapat diketahui dan dapat meminimalisir terjadinya kegagakan panen

Imam berharap bahwa alat mereka ini dapat membantu tidak hanya di kalangan petani saja, namun juga dapat berguna di kalangan peneliti juga.

-end-

Penulis: Tim SDM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *