Beasiswa Kuliah Gratis 4 Tahun Untuk Putra-Putri Terbaik Kaltim

Jadwal Pengisian PDSS SNMPTN 2018 Diperpanjang
10/02/2018
Peluang Magang di Perusahaan Migas COOP XXIX
25/02/2018
Tunjukkan semua

Beasiswa Kuliah Gratis 4 Tahun Untuk Putra-Putri Terbaik Kaltim

ITK News I Beasiswa ITK Prestasi

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan menyiapkan Beasiswa ITK Prestasi (BIP) kepada putra-putri terbaik Kalimantan Timur yang akan berkuliah di ITK pada masa penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2018/2019.

Ini adalah sebuah gebrakan baru dari kampus teknologi berstatus negeri guna menjaring siswa-siswi unggul lulusan SMA/SMK/MA di Kaltim agar berkuliah di ITK.  Redaksi ITK News berkesempatan mewawancarai Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan, di Rektorat Kampus ITK pada Selasa, 20 Februari 2018 untuk menggali lebih jauh. Berikut petikan wawancaranya.

Q: Apa itu BIP dan Bagaimana ide ini lahir?

A: BIP lahir dari keinginan ITK untuk segera mengejar ketertinggalan dari kampus-kampus top di Indonesia yang sudah lebih dulu berdiri. Meskipun ITK adalah kampus baru (didirikan pada 2012 dan disahkan sebagai PTN oleh Presiden SBY pada 2014), kami mempercepat langkah agar menjadi kampus terbaik. Selama ini sebagian masyarakat Kaltim masih memfavoritkan kuliah di luar Kalimantan. Padahal di Balikpapan sudah ada ITK. Para penerima beasiswa ini akan dibebaskan biaya kuliah (tidak mencakup biaya hidup) selama 4 tahun penuh dengan tetap ada evaluasi tiap semester. Ini kesempatan yang sangat langka.

 

 Q: Tujuannya?

A: Seperti namanya, beasiswa ini dimaksudkan menjaring putra-putri terbaik Kaltim lulusan SMA/SMK/MA agar berkuliah di ITK. Kami ingin bibit-bibit unggul daerah melanjutkan studinya di ITK. Bahwa jika ingin mengenyam kuliah berkualitas pun tidak perlu jauh-jauh ke luar Kaltim. Kampus teknologi terbaik pun kini ada di Balikpapan. Dengan mendapatkan siswa-siswi terbaik, kami yakin, lulusannya pun dapat memberikan karya , inovasi, dan pemikiran yang terbaik untuk kemajuan Kaltim dan Indonesia.

 

Q: Siapa target penerima beasiswa ini?

A: BIT diperuntukan untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA  kelas XII yang akan lulus pertengahan  tahun ini dan berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Mereka yang berperingkat/rangking 50 besar di sekolah masing-masing akan diberikan beasiswa kuliah selama 4 tahun penuh.  

 

Q: Apa saja syarat dan Bagaimana cara mendapatkan beasiswa ini?

A: Syaratnya:

  • Harus lolos  diterima di ITK melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN Tahun Ajaran 2018/2019. 
  • Membuat surat permohonan Beasiswa ITK Prestasi yang ditujukan ke Rektor ITK, diserahkan ke loket akademik.
  • Menyerahkan fotocopy/salinan bukti keterangan lolos SNMPTN/SBMPTN dan bukti telah melakukan daftar ulang di ITK.
  • Menyerahkan fotocopy/salinan bukti prestasi seperti sertifikat/piagam penghargaan
  • Menyerahkan fotocopy/salinan KTP.
  • Membuat motivation letter dan rencana karir setelah menyelesaikan studi sarjana dalam bahasa inggris.
  • Syarat-syarat  dan teknis detail lainnya termasuk cara pendaftaran akan diberitahukan kemudian setelah proses SNMPTN dan SBMPTN 2018 selesai. 
  • Info lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Akademik ITK (via loket akademik).

 

Q: Khusus untuk putra-putra Kaltim? Mengapa?

A: Benar, beasiswa ini ini hanya diperuntukkan kepada calon mahasiswa baru yang ber-KTP Kaltim. ITK berlokasi di Kaltim, ada tanggung jawab kami untuk turut mencerdaskan putra-putri terbaik yang nantinya akan membangun daerah. Kami berharap lulusan SMA-SMA terbaik tidak perlu lagi pergi kuliah jauh-jauh di luar Kaltim. Sesuai amanat dari pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, ITK harus berpartisipasi dalam pembangunan dan kemajuan SDM Kaltim. Kaltim ke depan akan dibangun oleh putra-putri unggul daerah yang nantinya mampu mengembangkan Kaltim. Masyarakat Kaltim harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

 

Q: Dari mana sumber dananya?

A: Dananya berasal dari stakeholder yang sangat memperhatikan kemajuan ITK, berkeiginan agar Kaltim maju. Jalurnya bisa dari SNMPTN dan SBMPTN. Jika hanya 40 beasiswa sekolah gratis biaya pendidikan di ITK selama 4 tahun. Biaya hidup tidak ditanggung.

 

Q: Bagaimana jika di tengah jalan nanti mahasiswa penerima beasiswa nilainya turun?

A: Tentu nanti ada perjanjian secara tertulis yang wajib dipatuhi. Akan ada evaluasi setiap semester dan kita ingatkan kepada penerima beasiswa jika nilainya turun sebelum akhirnya dikeluarkan jika tidak berubah. Selama kuliah di ITK, IPK mereka minimum 3.00.

 

Q: Kenapa hanya  untuk 40 mahasiswa?

A: Karena itulah kemampuan ITK saat ini. Insya Allah jika ada stakeholder yang mau membantu, jumlah itu bisa bertambah.

-end-

Ridho Jun Prasetyo I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *