Belajar Menata Kota Ramah Lingkungan Dari Surabaya

ITK News I Studi Ekskursi

Surabaya-Malang – Sebanyak 42 mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITK mengikuti Studi Ekskursi yang kedua pada 12-16 Februari 2018. Kegiatan ini dibimbing oleh 2 dosen prodi dan mengangkat tema “Green City”.

Studi ekskursi dilaksanakan selama lima hari dengan dua destinasi tempat studi, yaitu kota Surabaya dan kota Malang, Jawa Timur. Alasan pemilihan kedua kota ini yaitu karena Surabaya baru saja mendapatkan penghargaan Global Green City pada Oktober lalu, terbukti dengan terealisasinya beberapa elemen Green City di kota tersebut seperti ketersediaan ruang terbuka hijau public yang baik, penataan kawasan permukiman, dan sebagai kota yang menerapkan konsep berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Selanjutnya, kota Malang dipilih karena penataan kawasan dan koridor jalannya yang baik, dan juga sebagai salah satu kota dengan destinasi wisata yang menarik. Studi ekskursi dilakukan dengan beberapa kunjungan, seperti kunjungan ke Dinas PU Cipta Karya Kota Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Komunitas Arkom, dan Komunitas Rakapare. Selain itu, para peserta juga mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Taman Bungkul, Taman Nasional Gunung Bromo, House of Sampoerna, Kampung Warna-Warni, Museum Angkut, Jatim Park, dan lain-lain Green City merupakan konsep pembangunan kota yang berkelanjutan dan menekankan aspek lingkungan.

Terdapat beberapa komponen penting dalam konsep ini yaitu, Green Planning and Design, Green Open Space, Green Waste, Green Transportation, Green Water, Green Energy, Green Building, dan Green Community. Dari kegiatan studi ekskursi dengan tema Green City ini, diharapkan para mahasiswa mampu memahami apa dan bagaimana konsep tersebut, dari sudut pandang pemerintah, institusi, maupun komunitas (non-government organization).

Para mahasiswa juga dapat langsung mengamati bagaimana penerapan konsep Green City di kota Surabaya dan Malang, sehingga dapat menjadi suatu masukan bagi pembangunan kota Balikpapan sebagai kota yang akan menerapakan konsep Green City ke depannya.

-end-

Maghfirah Risdha Insani (PWK 2015) untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *