Berbagi Ilmu Electrical Safety Pada Siswa-Siswi SMKN 1 Balikpapan

Pengumuman Beasiswa PPA Kuota Tambahan 2017
30/11/2017
Lowongan Kerja di PT. Infomedia Nusantara
05/12/2017
Tunjukkan semua

Berbagi Ilmu Electrical Safety Pada Siswa-Siswi SMKN 1 Balikpapan

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Pada 16 dan 23 November 2017, tim dosen Institut Teknologi Kalimantan dibantu beberapa mahasiswa ITK mengadakan kegiatan penyuluhan electrical safety di SMK Negeri 1 Balikpapan. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program pengabdian masyarakat ITK. Peserta penyuluhan ini cukup banyak, yaitu sekitar 75 siswa. Oleh karena itu, kegiatan ini diadakan sebanyak dua kali, yang mana pada pertemuan pertama diikuti oleh sekitar 35 peserta, dan pada pertemuan kedua oleh sekitar 40 peserta. Kegiatan tersebut bertempat di bengkel Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Balikpapan.

Materi yang dibahas pada penyuluhan ini seperti pengaruh arus listrik terhadap tubuh manusia, jalur arus pada peristiwa sengatan listrik, penerapan Hukum Ohm pada bidang electrical safety, teknik-teknik pencegahan peristiwa sengatan listrik, dan teknik-teknik pertolongan pada orang yang terkena sengatan listrik.

Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Balikpapan, materi tentang electrical safety diajarkan pada siswa pada Mata Pelajaran K3 Kelistrikan. Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan electrical safety oleh tim dosen Institut Teknologi Kalimantan ini berfungsi untuk menguatkan materi-materi yang sudah didapatkan oleh siswa di sekolah. Selain itu, penyuluhan ini juga dapat memperkaya wawasan siswa tentang masalah electrical safety.

Pada kesempatan tersebut, tim dosen ITK juga membagikan modul pelatihan secara cuma-cuma kepada para siswa. Hal ini agar materi-materi yang telah disampaikan dapat dipelajari lagi oleh para siswa di kesempatan yang lain. Pemahaman yang baik tentang teori-teori electrical safety sangat penting mengingat para siswa tersebut dipersiapkan untuk langsung bekerja di industri, sehingga hal ini berguna untuk mencegah terjadinya peristiwa-peristiwa kecelakaan kerja akibat arus listrik, ketika mereka sudah benar-benar terjun langsung di industri.

-end-

Penulis: Rodlian Jamal untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *