Bertempat di Hotel Pullman Surabaya City Center, Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan PAKLIM GIZ  Jerman, menyelenggarakan Training of Trainer on Energy Efficient Boiler pada 11-15 April 2016. Training ini dihadiri berbagai elemen antara lain akademisi, Lembaga standarisasi & sertifikasi produk, Balai Lingkungan Hidup, dan praktisi industri.

Dalam rangka mendukung efisiensi energi dan pengurangan gas rumah kaca sektor industri, PAKLIM GIZ mencoba mengembangkan penggunaan beberapa teknologi mitigasi di industri. Salah satu teknologi yang menjadi fokus PAKLIM adalah boiler hemat energi. Sebagai bagian dari rangkaian pelatihan teknologi mitigasi, PAKLIM mengadakan diseminasi di berbagai wilayah, di antaranya di Surabaya. Pelatihan 5 hari ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu Training of Trainer dan Pelatihan Industri. Training of Trainer bertujuan untuk melatih perwakilan dari instansi pemerintah dan akademisi untuk menjadi Trainer baru. Sementara, di Training sesi Industri, Trainer baru melatih perwakilan dari industri di bawah pengawasan master trainer.

mahfudz1

Hadir dalam acara tersebut, salah seorang dosen Teknik Elektro ITK, Yanuar Mahfudz. Yanuar, yang merupakan peserta termuda pada acara ini muncul sebagai Trainer Terbaik Kedua di bawah Denny Dermawan yang merupakan dosen senior PPNS Surabaya. Dengan adanya pelatihan ini, para trainer baru diharapkan bisa memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada berbagai pihak yang terkait dengan program efisiensi energi dan pengurangan gas rumah kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *