Eagle Eye Journalism, Komunitas Baru Mahasiwa ITK di Bidang Jurnalistik

ITK News I Mahasiswa

Balikpapan – Mahasiswa yang tergabung dalam alumni Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ITK bersama Kementerian Komunikasi dan Media Informasi (Kominfo), Kabinet Kolaborasi, Keluarga Mahasiswa ITK mmenyelenggarakan musyawarah pemilihan ketua, sekaligus peresmian komunitas jurnalistik yang diberi nama Eagle Eye Journalism (EEJ) ITK pada Minggu, 26 Agustus 2018 di Kampus ITK, Balikpapan.

Acara diawali dengan pemaparan mengenai komunitas hingga dokumentasi seluruh anggota komunitas. “Acara ini sangat berkesan, karena semua anggota PJTD dari angkatan pertama sampai ketiga dapat hadir, dan berdiskusi membahas formula terbaik komunitas jurnalistik ini,” ungkap Kurnia Kasturi, peserta angkatan ketiga PJTD ITK.

Komunitas yang terdiri dari mahasiswa tiga angkatan ini merupakan Pers Mahasiswa (Persma) yang berperan sebagai media komunikasi kampus, penyalur aspirasi mahasiswa, serta sarana pengembangan pengetahuan, khususnya di bidang jurnalistik, di lingkungan Kampus ITK. Komunitas ini juga menjadi wadah penyalur hobi kejurnalistikan seperti menulis, fotografi, videografi dan desain grafis.

Pemilihan ketua komunitas dilakukan dengan cara musyawarah. Setiap angkatan bermusyawarah, menyampaikan ide dan pemikiran untuk pendirian Persma ITK.

Terdapat tiga kandidat ketua komunitas jurnalistik ITK, semuanya mahasiswi, dan merupakan peserta  PJTD angkatan kedua: Rosa Eliviani dari Prodi Sistem Informasi 2016, Salsabila (SI 2016), dan Nurul Anisa (Matematika 2016). Setelah penyampaian visi-misi oleh para kandidat, dilanjutkan dengan musyawarah setiap angkatan PJTD, forum musyawarah pun menyepakati dan menunjuk Nurul Anisa  sebagai ketua pertama komunitas jurnalistik ITK.

Menteri Kominfo Kabinet Kolaborasi ITK, Keyflin Silaban, yang juga merupakan peserta PJTD angkatan pertama, mengalungkan kamera kepada Nurul Anisa sebagai penanda terpilihnya ia sebagai ketua persma ITK.

Saat itu juga persma ITK diresmikan dengan nama Eagle Eye Journalism (EEJ). Peresmian Persma EEJ ITK dilakukan secara simbolis dengan menerbangkan pesawat kertas dari koran oleh Keyflin dan Nurul. Penerbangan ini bermakna penyampaian informasi yang segera dilakukan di Kampus ITK.

Selama setahun ke depan, EEJ masih dalam bentuk komunitas yang berada di bawah struktur Kementerian Badan Semi Otonom, Kabinet Kolaborasi, KM ITK, sebelum menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan memenuhi syarat Tata Aturan Organisasi Mahasiswa (Ornawa) ITK.

-end-

Penulis: Khusnul Chotimah

Editor: RJP I Humas ITK

Anggota Komunitas Jurnalistisk Persma EEJ ITK

Penerbangan pesawat kertas dari koran sebagai simbolis peresmian komunitas jurnalistik, pers mahasiswa (EEJ) ITK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *