Eduwisata TPA Manggar Balikpapan

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Civitas akademik Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) bersama siswa-siswi SDN 008 Balikpapan Utara berwisata-sambil-belajar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar Balikpapan pada Sabtu, 21 Oktober 2017. Kunjungan ini menjadi  penutup serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) untuk SDN 008 Balikpapan Utara dengan tema ‘Penyuluhan Matematika dan Ilmu Alam serta Hibah Buku Ajar’.

Terbagi menjadi tiga pertemuan, kegiatan pengmas ini dilaksanakan berturut-turut pada 7, 14, dan 21 Oktober 2017. Pada pertemuan pertama dan kedua dilaksanakan di SDN 008 Balikpapan dengan mengajar masing-masing Matematika dan Ilmu Alam. Selain itu juga dihibahkan buku ajar yang berhubungan dengan mata pelajaran khususnya untuk siswa kelas 3, 4, dan 5.

“Kegiatan pengmas ini adalah bentuk kepedulian ITK terhadap lingkungan di sekitar kampus ”, terang ketua pengmas dosen Teknik Perkapalan, Samsu Dlukha Nurcholik. Tidak seperti kegiatan belajar mengajar biasa, proses mengajar yang dilaukan oleh dosen Teknik Perkapalan memakai metode belajar sambal bermain, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat siswa-siswi mudah memahami materi yang diajarkan.

Adapun kunjungan ke TPA Manggar menjadi acara ramah-tamah sekaligus menambah pengetahuan untuk siswa-siswi. Di TPA Manggar, siswa-siswi tersebut diajarkan bagaiamana pengelolaan sampah khususnya bagaimana pembuatan pupuk kompos. Harapannya, dengan kegiatan pengmas ini, siswa-siswi SDN 008 Balikpapan Utara menjadi lebih giat dalam belajar dan menjadi lebih peduli pada kebersihan lingkungan.

-end-

Tim Pengmas Prodi Perkapalan untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *