Inspektorat Pemprov Kaltim Lakukan Audit Hibah Barang di ITK

Balikpapan – Pada Kamis, 28 Januari 2016, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) kedatangan tamu dari Inspektorat Pemprov Kalimantan Timur. Kedatangannya bertujuan untuk menginspeksi program yang sudah dijalankan oleh Pemprov Kalimantan timur yaitu Pengadaan Perlengkapan Gedung untuk ITK.

Pembantu Penanggungjawab Inspektorat Provinsi, Kurniawan, menyatakan bahwa yang dia lakukan adalah tugas rutin sebagai inspektorat yaitu menjalankan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah khususnya dalam Pasal 48 yang menyebutkan bahwa Inspektorat Provinsi mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan audit, review, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya. Karena itu, setelah proses pengadaan yang dilakukan dengan dana APBD, dirinya melakukan tugas dan fungsi tersebut. Seperti diketahui, ITK selaku lembaga pendidikan tinggi di Kalimantan Timur pada tahun 2015 mendapatkan hibah barang dari APBD Pemprov, untuk peningkatan kualitas sarana dan prasarana kampus. Adapun barang tersebut terdiri dari 11 jenis paket barang  diantaranya Meja, Kursi, CPU, Komputer, Laptop, Printer, Scanner, Proyektor dan CCTV dengan jumlah yang beragam. Selanjutnya, Kurniawan menambahkan bahwa hal yang dilakukannya juga ingin mengetahui sejauh mana anggaran yang dialokasikan dari APBD Pemprov sesuai dengan peruntukannya, serta untuk mengetahui kualitas supplier (kontraktor) melakukan pengerjaan paket pengadaan sesuai dengan target dan harapan.

Selain Kurniawan, Inspektorat Pemprov yang datang dalam pemeriksaan fisik tersebut adalah Rita Muljani selaku pengendali Teknis, Abdul Gafar Sangia selaku Ketua Tim, serta Jumiansyah dan Asri Widowati selaku anggota.

Sulistijono selaku Rektor ITK yang didampingi Imam Syafi’I (Kabag Akademik) menyambut hangat  kedatangan tim Inspektorat Pemprov, yang menganggap hal ini adalah bentuk pengawasan yang dilakukan sesuai amanat Pemerintah. Tak lupa, beliau menyampaikan rasa terima kasih atas hibah barang yang diberikan dari Pemprov Kaltim. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *