Wisuda Ke-5, ITK Luluskan 71 Wisudawan

ITK News I Wisuda

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) meluluskan 71 mahasiswa pada Wisuda ke-5 Program Sarjana, Sabtu, 15 September 2018 di Auditorium Kampus ITK, Balikpapan. Dengan ini ITK telah meluluskan sebanyak 196 wisudawan. Rektor ITK, Sulistijono, mengaku bangga atas keberhasilan wisudawan dalam menyelesaikan studinya tepat waktu.

“Kami berharap Saudara sekalian dapat berperan dalam proses pembangunan di Indonesia,” kata Sulistijono.

Acara dihadiri oleh keluarga wisudawan, perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, perwakilan Pemerintah Kota Balikpapan,  Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ikatan Orang Tua Mahasiswa ITK (IKOMA), dosen, tenaga kependidikan, dan Keluarga Mahasiswa ITK.

-end-

RJP I Humas ITK

====

Berikut Pidato Rektor ITK selengkapnya:

SAMBUTAN REKTOR

WISUDA KE-5 ITK PROGRAM SARJANA

SABTU, 15 SEPTEMBER 2018

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para wisudawan yang saya banggakan. Para orang tua wisudawan yang berbahagia dan kami hormati.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, taufik, dan hidayah-Nya semata, kita dapat berhimpun dalam auditorium Kampus ITK Karang Joang ini dalam rangka Wisuda ke-5 Program Sarjana ITK. Wisuda ke-5 ini sungguh merupakan kerja keras semua pihak baik Pimpinan ITK, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Penghargaan yang setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada Gubernur Kalimantan Timur, Bpk. Dr. Awang Faroek beserta  jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Wali Kota Balikpapan beserta jajaran Pemerintah Kota Balikpapan, serta seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu. Semoga peran serta seluruh pihak dalam proses pendirian dan penyelenggaraan pendidikan di ITK tercatat sebagai amal kebajikan dan mendapat imbalan dari Alloh swt.

 

Syukur alhamdulillah, pada upacara wisuda kali ini dapat hadir di tengah-tengah kita Bpk. Prof Ir Eko Budi Djatmiko M.Sc Ph.D. selaku Dekan FTK ITS Periode 2011-2015 dan Wakil Rektor IV Periode 2007-2011, serta Bpk. Ir. Sritomo Wignyosubroto, M.Sc. Selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri ITS Periode 1996-1999 yang akan menyampaikan pembekalan kepada wisudawan dengan motivasi wawasan kerja di luar kampus. Semoga kehadiran para profesor ITS ini menjadi salah satu pendorong keberhasilan ITK menuju perguruan tinggi yang berkemajuan serta dapat menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang.

 

Hadirin dan para wisudawan yang berbahagia.

Hari ini, 15 September 2018, sebanyak 71 orang dari 10 prodi di lingkungan ITS dinyatakan lulus dan diwisuda serta memperoleh ijazah S1. Dari 14 prodi di lingkungan ITK, 4 prodi belum menghasilkan lulusan karena termasuk prodi baru. 16 orang di antara wisudawan adalah lulusan periode Maret 2018, sedangkan 45 orang lainnya adalah lulusan periode September 2018. Dengan demikian, sampai periode September 2018 ini, ITK telah meluluskan sebanyak 196 orang wisudawan

 

Kami sangat bangga atas keberhasilan Saudara-saudara dalam menempuh studi di ITK dan semoga dengan latar belakang sebagai perguruan tinggi negeri yang berbasis sains dan teknologi, Saudara dapat berperan dalam proses pembangunan di Indonesia, Sebagai alumni ITK, Saudara dihadapkan pada Revolusi Industri 4.0 yang berbasis Cyber Physical System yang secara garis besar merupakan gabungan tiga domain yaitu digital, fisik, dan biologi. Dampak era Revolusi Industri 4.0 akan luas dan mempengarungi segala aspek kehidupan manusia dan menentukan perkembangan ekonomi ke depan secara global. Tantangan era Revolusi Industri 4.0 semakin meningkat, oleh karena itu Saudara-saudara harus memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bersaing secara global. Saudara-saudara dituntut tidak hanya mampu bekerja di perusahaan dan instansi lainnya, namun juga memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan peluang yang  muncul dari Revolusi Industri 4.0.

 

Para wisudawan yang berbahagia.

Sebagai alumni ITK, Saudara-saudara harus terus-menerus mengupdate perkembangan sains dan teknologi dalam upaya aktualisasi diri sebagai lulusan perguruan tinggi yang dituntut eksis dalam perkembangan sains dan teknologi itu sendiri.  Aktivitas Saudara-saudara setelah lulus baik di bidang industri, pendidikan, pemerintahan, sudah harus bersinggungan dengan era digital Saudara mau tidak mau, siap tidak siap, harus masuk dan berperan di dalamnya, bukan lagi sebagai penonton atau pengamat.

 

Hadirin yang kami hormati.

Sebagai Pimpinan yang diserahi tanggung jawab sejak pendirian hingga pengembangan ITK, kami ingin terjadi perkembangan dengan akselerasi yang lebih pesat lagi pada ITK pada masa-masa mendatang. Untuk itu kami harapkan dorongan dan afirmasi dari pemerintah, terutama dalam pemenuhan sarpras kampus ITK. Dengan demikian diharapkan ITK dapat segera menjadi PTN yang besar dan maju seperti yang telah dicanangkan sebelumnya.

 

Alhamdulillah, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menghibahkan 1 tower bangunan asrama dan saat ini proses pembangunannya sedang berlangsung. Kami berharap diberikan lagi tower-tower berikutnya untuk mewujudkan kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang lebih baik dan lebih nyaman. Kami juga berharap proses penyaluran anggaran pembangunan gedung perkuliahan melalui SBSN berjalan lancar sehingga kami dapat membangun dua gedung baru untuk mendukung kegiatan akademik seiring dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru.

 

Kami juga berharap peran orang tua yang tergabung dalam Ikatan Orang Tua  Mahasiswa (IKOMA) ITK dapat mendukung keinginan bersama untuk mewujudkan terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana kampus demi perbaikan kualitas kegiatan pendidikan, kemahasiswaan, serta pelayanan kepada civitas akademika ITK.

 

Hadirin dan wisudawan yang berbahagia,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan beberapa pesan sebagai berikut.

 

  1. Pendidikan Teknik itu bertujuan untuk mempertajam pikiran dan memperhalus rasa, menambah wawasan iptek. Karena itu, dalam berinteraksi dengan masyarakat, gunakan kemampuan dan keterampilan yang sudah diperoleh selama perkuliahan di ITK, untuk hal-hal yang positif sehingga pada akhirnya bisa berdampak positif bagi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Iptek saja tidak cukup, karena Saudara-saudara harus membekali diri dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dapat menjadi penyeimbang dalam kiprah Saudara di masyarakat. Penting pula untuk menjaga nilai-nilai kejujuran, keamanahan, serta martabat dan harga diri di samping menjaga kehormatan almamater;

 

  1. Almamater harus Saudara junjung tinggi, karena almamater adalah orang tua akademik Saudara. Seperti kata pepatah jawa “mikul dhuwur mendhem jero”, yang maknanya “Yang baik ditunjukkan dan yang kurang baik disembunyikan”. Saudara harus bangga sebagai alumni ITK. Saudara adalah pengibar bendera promosi ITK.

 

  1. Sebagai pemimpin bangsa di masa depan, Saudara-saudara dituntut untuk memutakhirkan diri pada semua aspek, senantiasa meningkatkan potensi dan kapabilitas, serta tanpa henti berupaya meningkatkan keterampilan dan selalu tertarik pada sesuatu yang baru.

 

  1. Kami sampaikan pula dalam kesempatan ini bahwa penerimaan mahasiswa baru ITK memiliki keketatan di atas 15% dan itu berarti seorang mahasiswa baru yang diterima ITK harus menyisihkan 10-11 orang pesaing atau pendaftar lainnya. Hal yang patut membanggakan adalah rasio tersebut setara dengan keketatan pada perguruan tinggi negeri yang maju dan ternama di Pulau Jawa;

 

  1. ITK sebagai perguruan tinggi negeri baru berupaya keras berbenah diri menuju kemajuan dan keunggulan pada berbagai aspek, baik akademik maupun sarana dan prasarana. Karena itu, sudah sewajarnyalah jika Saudara-saudara diharapkan berkontribusi dalam upaya ITK menuju kemajuan dan keunggulan tersebut melalui peran aktif selaku alumni ITK.

 

  1. Pada kesempatan ini saya mohon kepada Bapak Wali Kota Balikpapan agar ada afirmasi bagi lulusan ITK untuk mendapatkan prioritas diterima bekerja pada industri di wilayah Kaltim/Kota Balikpapan. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa dunia industri tersebut telah mengekplorasi dan mengekploitasi hasil bumi Kaltim, maka tidaklah berlebihan bila mereka memberikan afirmasi bagi lulusan ITK yang kualitasnya setara dengan PTN ternama di Indonesia;

 

  1. Terakhir yang juga tak kalah pentingnya dari tiga pesan saya tadi adalah tetaplah berbakti kepada orang tua yang selama ini telah mengupayakan dengan berbagai cara agar Saudara-saudara bisa duduk sebagai wisudawan pada hari yang bersejarah ini. Ingatlah bahwa tanpa orang tua Anda telah berkorban meskipun Anda sebagai anak tidak menyadari pengorbanan mereka. Mintalah doa restu kepada Bapak dan Ibu Saudara-saudara karena ridho Alloh berawal dari ridho mereka, begitu juga murka Alloh adalah murka mereka. Ucapkan terima kasih sambil memeluk mereka setelah acara ini berakhir. Menangislah di pelukan bapak dan ibu Saudara-saudara dan berharaplah mereka tetap mendoakan agar Saudara-saudara sukses dalam berkarier dan berumah tangga.

 

Akhirnya, atas nama ITK saya mengucapkan selamat atas keberhasilan Saudara-saudara menempuh studi di ITK dengan memperoleh gelar Sarjana Teknik, Sarjana Sains, serta Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota. Selamat berjuang memajukan negeri tercinta Indonesia. Kami titipkan nama besar ITK dan semoga Saudara-saudara sukses selalu. Kami juga mohon maaf bila selama Saudara-saudara studi di ITK terdapat kesalahan dan kekhilafan pada proses pendidikan dan layanan kami. Semoga Alloh swt beserta kita. Specta! Untuk Sang Pencipta dan Bumi Etam.

Terima kasih

Wasalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *