ITK Sukses Gelar Konferensi Sains dan Teknologi Pertama di Kalimantan

Pentingnya Peran Generasi Muda dalam Kemajuan Teknologi
08/11/2017
Melalui Program Hibah Bina Desa, Mahasiswa ITK Membentuk 21 POINTS
10/11/2017
Tunjukkan semua

ITK Sukses Gelar Konferensi Sains dan Teknologi Pertama di Kalimantan

ITK News I BICAME

Balikpapan (25 Oktober 2017) – Keseruan rangkaian acara Dies Natalis ke-3 ITK tahun 2017 masih berlanjut. Kali ini, Institut Teknologi Kalimantan menggelar konferensi internasional pertama di Kalimantan yang dikemas dalam Borneo International Conference On Applied Mathematics and Engineering (BICAME). Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah peneliti, perguruan tinggi maupun umum untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berhubungan dengan keberlanjutan energi dengan memanfaatkan ilmu Engineering and applied science.

“BICAME merupakan acara international coference dan terdapat submit paper yang boleh diikuti oleh scientist, dosen, mahasiswa. Paper tersebut berisi penelitian yang nantinya dipublikasikan dan diharapkan para peneliti dapat saling berdiskusi tentang berbagai penelitian tersebut. BICAME sebagai wadah untuk mempublikasikan, pemaparan dan diskusi antar peneliti” ungkap Pras selaku ketua panitia mahasiswa dalam acara BICAME.

BICAME direncanakan sebagai acara annual setiap dua tahun sekali. Dengan memanfaatkan momen Dies Natalis ITK, BICAME dimasukan ke dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-3 ITK yakni tepat pada tahun ini.

Dimulai sejak jam 08:30 wita, acara terbagi menjadi dua rangkaian. Rangkaian pertama adalah konferensi yang dilakukan di Auditorium ITK dengan 3 keynote speaker. Peserta yang turut berpartisipasi selain dari ITK sendiri yakni 20 orang delegasi mahasiswa/i dan 5 orang  dosen dari Universitas Hasanuddin.

Pembicara terdiri dari perwakilan 3 negara, yang pertama ialah Dr Eng Lusi Ernawati, S.T., M.S sebagai perwakilan dari Indonesia dan merupakan dosen  Teknik Kimia ITK. Lusi memaparkan tentang sintesis partikel silica untuk industri masa depan dan nanomanufacturing. Pembicara selanjutnya dari negeri tetangga, International Islamic university Malaysia,  Dr. Ali Sophian, C.Eng yang memaparkan tentang Eddy Current Non-destructive Testing of Renewable Energy systems. Pembicara terakhir adalah Prof. Hong -Tzer Yang dari National Cheng Kung University, Taiwan yang memaparkan tentang Virtual Power Plant.

Sedangkan rangkaian kedua acara BICAME merupakan parallel session yang dimulai pukul 13:00 wita dimana 10 pemakalah berkesempatan untuk mempresentasikan papernya. Makalah-makalah tersebut kemudian dipublikasikan oleh  ITK.

-end-

Tim Media dan Publikasi, Panitia Dies Natalis ke-3 ITK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *