Kuliah Lapangan Prodi Teknik Perkapalan ke PT Meranti Nusa Bahari

Pengumuman Peserta Lolos dan Daftar Ulang SNMPTN Tahun 2018
17/04/2018
Diplomasi Pariwisata Kartini Muda ITK             
30/04/2018
Tunjukkan semua

Kuliah Lapangan Prodi Teknik Perkapalan ke PT Meranti Nusa Bahari

ITK News I Kuliah Lapangan

Balikpapan – 75 Mahasiswa Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Angkatan 2017 melakukan kuliah lapangan (Kulap) ke galangan kapal milik PT. Meranti Nusa Bahari. Kulap dilaksanakan dua kali. Kloter pertama pada Jumat, 23 Maret 2018, dan rombongan kedua pada Jumat, 13 April 2018. Kulap dipimpin oleh Dosen Teknik Perkapalan, Luh Putri Adnyani dan dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Perkapalan (HIMANAVAL).

Rombongan diterima oleh Petugas Keselamatan (Health, Safety, Environment/HSE) PT Meranti, Agung, yang memberikan arahan tentang standar operasional ketika memasuki lingkungan galangan kapal. Di antaranya wajib mengenakan Alat Perlindungan Diri (APD) seperti helm dan sepatu safety, hal-hal yang tidak boleh dilakukan, hingga tempat berkumpul jika terjadi keadaan darurat.

Peserta kemudian diberikan materi oleh Petugas Divisi Production Planning and Inventory Control (PPIC), Ardan. Ardan menyampaikan dua kegiatan utama bisnis PT. Meranti, yakni perbaikan (repair), dan produksi kapal baru. Perusahaan ini melayani beberapa jenis kapal, antara lain Landing Craft Tank (LCT), barge, oil barge, tug boat, ferry, accommodation barge, crew barge, dan supply vessel.

“Saat ini PT. Meranti sedang mereparasi tiga Tug Boat, dan dua kapal jenis Tongkang. Kami juga memiliki landasan luncur Slipway tapi belum kami fungsikan karena beberapa alasan,” ujar Ardan.

Docking atau pemindahan kapal dari air/laut ke atas dock dilakukan memakai airbag. Tugboat yang sedang dibangun berada di dock baru. Pak Ardan menutup penjelasan dengan pembagian tim untuk berkunjung ke lapangan menjadi 3 kelompok tim.

Dosen Teknik Perkapalan yang memimpin romboangan ITK, Luh Putri Adnyani menyampaikan terima kasih kepada PT. Meranti karena dapat mengunjungi lokasi industri mereka.

PT. Meranti  telah menjalin kerjasama dengan ITK sejak tahun 2015 dan berjalan baik. General Manager PT. Meranti, Wimba Prambada, kerap diundang mengisi kuliah tamu di ITK. PT. Meranti juga menerima mahasiswa Perkapalan ITK yang memiliki keinginan untuk kerja praktek, tugas akhir dan magang di Meranti. “Ada 4 orang mahasiswa ITK yang saat ini sedang bekerja di PT. Meranti. Semoga kerjasama ini tetap berjalan lancar sampai ke depan”, papar Luh.

-end-

Penulis: LPA

Editor: RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *