Mendayung Sampai Kejuaraan Maritim Nasional

ITK News I Indonesia Maritime Challenge

Surabaya – 11 mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan mengikuti lomba Indonesia Maritime Challenge (IMC) yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa/UKM Maritime Challenge Institut Sepuluh November (ITS), Surabaya. Dengan mengusung nama “Batiwakkal” yang berarti kegigihan demi mencapai tujuan dengan ridho Tuhan YME, mereka ITK menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan yang mengikuti kompetisi bergengsi tingkat nasional ini.

IMC adalah sebuah kontes keterampilan mengoperasikan perahu atau Seamanship Contest. IMC 2017 diadakan di Pulau Gili Genting, Sumenep, Madura pada 5-18 Agustus 2017. IMC 2017 terdiri dari  6 perlombaan: Sailing Race, Rowing Race, Boat Building, Navigation, Man Over Board (MOB), dan Ropework. Panitia juga mengadakan lomba tambahan, salah satunya kontes foto.

IMC 2017 ini diikuti oleh 9 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan jumlah 101 orang peserta. Kampus yang mengikuti antara lain: Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Brawijaya, Universitas Trunojoyo Madura, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Madura, Universitas Hang Tuah, Universitas Negeri Sunan Ampel, dan Universitas Negeri Surabaya.

Untuk mengikuti ajang ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh tim. Salah satunya adalah kesiapan fisik. Sebelum berlomba, Tim Batiwakkal telah menjalani 3 bulan persiapan, seperti latihan fisik, tarik beban, dan latihan ropework (tali temali). Dalam melakukan perlombaan ini seharusnya diadakan pula latihan laut seperti rowing, sailing dan Man Over Board, namun dikarenakan minimnya fasilitas yang ada sehingga latihan tersebut tidak dapat dilakukan.

Tim Batiwakkal terdiri dari 11 orang dengan 1 official yang berasal dari program studi yang berbeda. Anggota Tim Batiwakkal terdiri dari Prodi Teknik Perkapalan, Teknik Sipil, Matematika, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Sistem Informasi.

Tim Batiwakkal  beranggotakan Suhandayu Novianto, M. Abid Mapariorio, Muharrom Aprilianto, Dewi Purnama Sari, Nindi Devi W.R, Neneng Dahlia, Cathrine Nursukma, Jumriati, Sarani Ningrat, Akhmad Rida’i, Ahmad Dwi Sesar, dan Rahman Agus Mahardika.

“Dalam ajang IMC 017 ini, walaupun saya tidak bisa mendampingi anak-anak untuk berlomba, dan juga tidak ada latihan di laut selama di Balikpapan, namun mereka berhasil membawa 1 Trophy yaitu Trophy 1 pic 1000 Smiles,” kata Pembina Tim Batiwakkal ITK, Luh Putri Adyani.

Menurut Luh, Tim Batiwakkal berkomitmen untuk terus berlatih serta mengeratkan hubungan antar angggota tim karena dalam perlombaan ini sangat dibutuhkan kerja sama tiap anggota. “Kami berharap untuk tahun berikutnya bisa membawa kemenangan untuk ITK”, ujar Dosen Teknik Perkapalan ini.

-end-

Tim IMC ITK, Luh Putri untuk Humas ITK

Editor: RJP

Tim Batiwakkal di depan UKM Center ITS sebelum mengikuti Technical Meeting

Tim Batiwakkal di acara pembukaan IMC 2017 Pantai Sembilan Gili Genting

Tim Batiwakkal saat melakukan perlombaan pertama Man Over Board

Tim Batiwakkal dalam perlombaan Rowing Race (Mendayung)

Tim Batiwakkal dalam perlombaan Sailing Race (Berlayar)

Tim Batiwakkal latihan fisik di Tol Balikpapan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *