Mengejar Mimpi Kampus Teknologi Terbaik di Kalimantan

ITK News I SESI ITK

Jakarta – Untuk pertama kalinya sejak ITK didirikan lima tahun silam, serombongan besar civitas akademik Institut Teknologi Kalimantan berangkat ke Jakarta untuk satu misi. Tidak sekadar pergi, berdarmawisata, lalu pulang, tapi membuat koneksi yang kuat di sana.

“Kami ingin membuat sebuah kurikulum baru Program Studi Sistem Informasi yang modern, aplikatif sesuai dengan kebutuhan dunia bisnis, komprehensif, dan mampu menjawab tantangan dunia digital yang berkembang sangat cepat,” kata Ketua Prodi SI, Lovinta Happy Atrinawati kepada Humas ITK, 30 Agustus 2017 lalu.

Ambisi besar ini diwujudkan dengan inisiasi Studi Ekskursi Sistem Informasi (SESI ITK). Memberangkatkan 15 mahasiswa dan satu dosen pada 31 Juli – 3 Agustus 2017 mengunjungi tujuh perusahaan IT bonafide: Indosat M2, Astra Graphia, Astra Graphia Information Technology (AGIT), Telkom Smart City, Jakarta Smart City Lounge, Metro TV, dan Net Mediatama TV.

Selama empat hari kontingen ini para delegasi ITK belajar banyak hal, mulai dari IT Project Management, Risk/Problem Management, Proses Bisnis, Tata Kelola IT, Database Management and Control, IT Infrastructure, Data Analytic, IT Network, Document Solution, Broadcasting, City Management, Customer Services, hingga Safety (Kesehatan dan keselamatan kerja/K3).

Meski anggaran meski anggaran yang dikeluarkan cukup besar, namun Lovinta mengatakan manfaat yang didapatkan jauh lebih besar, seperti nilai tambah bagi peningkatan kualitas Prodi SI, mengenalkan dunia industri dan peluang karir bagi mahasiswa, dan prospek kerjasama ITK dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

Dosen Sistem Informasi yang mendampingi mahasiswa pada SESI ITK, Vinda Daningrum meyakini, tantangan dunia kampus saat ini adalah bagaimana menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat global dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Ke depan, teknologi berperan besar dalam kompetisi bisnis yang semakin sengit, dan Sistem Informasi atau digital akan menjadi sarana utama perkembangan teknologi itu,” kata Vinda.

Mnurutnya, penguasaan ilmu managemen infomasi mutlak diperlukan, sehingga dibutuhkan kurikulum perkuliahan yang tepat, dan metode pengajaran yang modern, serta efisien. “Meski ITK adalah kampus baru, namun tekad kami bulat: memberikan pendidikan teknik terbaik di Kalimantan,” ujarnya.

Diamini Wakil Presiden, Bappenas, Kemenpupera

Momentum Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72, 17 Agustus 2017 lalu benar-benar dimanfaatkan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan kampus teknologi yang terletak di Kalimantan Timur ini. Pada Juli lalu misalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat mengirimkan staf khususnya untuk merealisasikan rencana pembangunan asrama mahasiswa ITK setinggi tiga lantai di kawasan kampus. Proses landclearing yang sempat mandek sejak setahun lalu, kini dilanjutkan. Begitu juga dengan rancangan, urusan administrasi lainnya. Target pun dipatok: mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 sudah bisa menempatinya.

Tak lama berselang, Rektor ITK, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA diminta menghadap Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brojonegoro pada medio Agustus 2017 lalu. Menteri Bappenas meminta ITK mempresentasikan masterplan pembangunan Kampus ITK yang telah disahkan sebagai PTN pada 2014. “Beliau secara khusus memberi perhatian kepada ITK dibanding kampus lainnya,” kata Sulistijono.

Tak kurang dua kementerian, Kantor Sekretariat Wakil Presiden pun langsung mengirim dua stafnya pada  Rabu, 29 Agustus 2017. Pimpinan ITK: Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Non Akademik, beserta Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan, dan Humas ITK menerima kunjungan mendadak tersebut. “Bapak Wakil Presiden ingin mendengar perkembangan terbaru ITK dan rencana pembangunan ke depan,” kata salah seorang staf Kantor Wapres, Rahmadi.

Perwakilan Kantor Sekretariat Wakil Presiden pun survei ke seluruh bagian kampus ITK. Tak lupa mereka meminta presentasi Progress Report ITK. “Kami akan sampaikan langsung ke Pak Jusuf Kalla. Kami yakin beliau segera bantu cepat pembangunan ITK.”

-end-
Tim Mahasiswa SI ITK, Lovinta Happy, Ridho Jun Prasetyo I Humas ITK
*informasi lebih jauh tentang Prodi SI, dapat dilihat di is.itk.ac.id

Saat berkunjung ke Indosat Mega Media peserta mendapatkan materi mengenai Data dan Jaringan secara Umum, dimulai dengan materi K3L (Keselamatan Dalam Kerja), Produk IM2, Fiber Connection, Dan diakhiri dengan tour pada Data Center Server IM2.

di Kantor Telkom Smart City Nusantara

Kunjungan ke Kantor Telkom SmartCity Nusantara

di Kantor Astra Graphia

Kunjungan ke Kantor IM2

Kunjungan ke Markas Net TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *