Mengenal Lebih Dekat Keamanan Sistem Informasi 

Pemodelan Matematika untuk Kehidupan Sehari-Hari
25/05/2017
Teknik Kimia dan Perkembangannya
29/05/2017
Tunjukkan semua

Mengenal Lebih Dekat Keamanan Sistem Informasi 

ITK News | Keamanan Aset Informasi

Balikpapan – Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan Kuliah Tamu “Keamanan Sistem Informasi” pada Jumat, 19 Mei 2017. Hadir sebagai narasumber, Bekti Cahyo Hidayanto, Kepala Laboratorium Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bekti mengatakan keamanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam jaringan sistem informasi kita.

“Semuanya harus dilindungi dan menerapkan standar keamanan: gawai, laptop, komputer, database, dan lainnya. Kuncinya satu, kalau kita mau aman maka orang lain harus aman”, kata Bekti pada Jumat, 19 Mei 2017 di Auditorium Kampus ITK, Balikpapan.

Bekti menjelaskan di era modernisasi saat ini, ancaman terhadap setiap informasi yang kita miliki bisa datang dari mana saja.

“Jangan pernah meminjam gawai orang lain atau meminjamkannya kepada orang lain,” ujar Bekti.

Menurutnya, banyak modus pembobolan keamanan yang berawal dari meminjamkan gawai pribadi ke orang lain. “Sama halnya dengan jangan pernah menyalahkan security jika rumah kita kebobolan  sedangkan kita lupa untuk menutup pintu” ujar bekti yang juga dosen di ITS ini.

Slide1

Pada saat menjabarkan, Bekti mencuplik konsep Segitiga Perangkat Informasi, yakni security, functionality, dan usability, yang biasa digunakan sebagai gambaran yang menjelaskan bahwa semakin aman (Restrictions) suatu gawai/perangkat, maka semakin sulit penggunaan (GUI) dari suatu aplikasi, dan fungsinya (Featured) akan semakin sedikit.

Dia juga menyinggung “ancaman terbesar seringkali berasal internal yang membukakan pintu/memberikan kesempatan bagi masuknya ancaman eksternal” ujarnya.

Bekti membagi pengalamannya di bidang keamanan jaringan dari kasus yang pernah dihadapinya. “Keamanan aset informasi bukan semata berbentuk benda, tapi juga sumber daya manusia  sebagai aset terpenting yang harus selalu dijaga dan diberikan pembelajaran,” ucapnya.

Slide3

Bapak yang juga menangani keamanan sistem SBMPTN Tahun 2017 ini memberikan tips agar perangkat yang kita miliki tetap aman. “Mulailah peduli dengan perangkat IT yang anda miliki, jangan sampai privasi anda sampai tersebar luas dan tersebar di dunia maya, hanya semata karena ingin meraih popularitas. Kita harus cerdas. Baca, pikirkan dulu sebelum membaginya.”

-end-

Kontributor: Dean nugraha

Editor: RJP

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *