ITK News │ Project Management

Balikpapan – “IT (Information Technology) adalah satu dari dua industri yang paling dinamis di dunia saat ini!” Begitulah workshop ini dibuka oleh sang pemateri dengan satu pernyataan singkat, menggugah. Buktinya saat terjadi krisis moneter 1998, ia melanjutkan, IT mampu terus bergerak beriringan dengan usaha perbankan. Keduanya terbukti sukses bertahan saat industri lain perlahan tumbang.

Dengan mantap, pemateri iini melanjutkan, kini karyawan di berbagai perusahaan IT sangat cepat dibajak perusahaan lain karena keahlian yang mereka miliki. Juga karena masih terbatasnya sumber daya manusia di bidang ini.  Adalah Sandi Wibawa Hardjo, seorang profesional di bidang Project Management yang membagi ilmunya dengan gamblang pagi itu, Jumat, 12 Mei 2017. Beliau menjadi pemateri satu-satunya pada acara Workshop Project Management yang diadakan Program Studi Sistem Informasi selama tiga hari 12-14 Mei 2017 di Kampus ITK, Balikpapan.

Ini merupakan workshop pertama prodi ini yang dibuka untuk umum. Ketua Program Studi Sistem Informasi ITK, Lovinta Happy Atrinawati membuka acara ini.

“Kami memang telah menyertakan manajemen proyek ke dalam kurikulum. Namun untuk pengalaman di lapangan, tentu membutuhkan pengalaman praktisi,” kata Lovinta.

Program Studi Sistem Informasi bekerja sama dengan PT. Astra Graphia Information Technology (AGIT) dalam pelaksanaan Workshop Project Management. Kegiatan ini diikuti oleh 17 peserta dari civitas akademika ITK. Seluruh peserta dibagi ke dalam empat kelompok. Selama acara mereka diajarkan tahapan-tahapan dalam pengerjaan proyek.

Salah seorang peserta dari Program Studi Teknik Elektro mengatakan workshop tersebut memberinya ilmu yang baru baginya. “Meskipun sudah pernah mengambil Mata Kuliah Manajemen Proyek, tetapi metodenya sangat beda. Benar-benar bermanfaat,” tutupnya.

Sandi lalu mengupas luas dunia kerja IT. Bagi pria yang sudah menggeluti dunia project management selama 16 tahun di industri IT ini, berbagi pengalaman dalam mengerjakan project IT menjadi kesenangan tersendiri. Meski berlatar pendidikan Teknik Sipil, Ia berhasil bergabung dengan AGIT. Hal ini tidak terlepas dari passion-nya akan dunia IT. Project manager tersertifikat PMP ini menegaskan bahwa, teknologi di dunia IT berkembang sangat cepat dan fakta ini dibenarkan oleh penelitian yang mengatakan, setiap 11 jam tercipta teknologi terbaru.

“Dibutuhkan project manager yang selalu dapat merespon perubahan teknologi agar bisa bertahan,” ucapnya. Alumni Teknik Sipil ITB ini mengatakan project management ibarat sebuah gunung es di tengah laut. Hanya sebagian kecil saja berisi ilmu teori yang didapatkan di kelas, tetapi lebih dari itu di dalamnya terdapat pengalaman, seni, dan pembelajaran yang harus diasah.

Selain teori, Sandi mengajarkan best practices yang dapat diterapkan dan cocok dengan kondisi riil saat ini. Pada setiap sesi, peserta diberikan studi kasus yang sering terjadi ketika mengerjakan sebuah project. Sehingga peserta dapat langsung menerapkan ilmu yang diberikan dan mengasah kemampuan sebagai project manager. Melalui workshop ini, setiap peserta diharapkan siap ketika menangani sebuah project.

Tidak hanya melalui presentasi, tetapi workshop ini juga menayangkan studi kasus project management dalam bentuk video yang terjadi di dunia nyata. Peserta lalu menganalisis proses sebuah project yang berskala besar dengan berbagai keterbatasan. Hasilnya kemudian didiskusikan oleh peserta dan praktisi sehingga workshop berjalan interaktif.

Workshop diakhiri dengan final test bagi peserta. Final test berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Bagi peserta yang berhasil mendapat nilai di atas 70, akan diberikan sertifikat setara AGIT Academy. Tak hanya teori tapi pemahaman terhadap konsep project management yang diuji dalam final test ini.

Sandi mengakhiri workshop ini dengan mengajak peserta untuk langsung terjun mengerjakan project. “Setelah mengikuti workshop ini, saya jamin project anda akan berhasil setidaknya 50%. Let’s plan, execute, and control our project better!,” pungkasnya.

Tidak hanya melalui presentasi, tetapi workshop ini juga menayangkan studi kasus project management dalam bentuk video yang terjadi di dunia nyata. Dalam video tersebut, peserta menganalisis proses sebuah project yang berskala besar dengan berbagai keterbatasan. Hasilnya kemudian didiskusikan oleh peserta dan praktisi sehingga workshop berjalan interaktif.

Workshop ini diakhiri dengan diadakan final test bagi peserta. Final test dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Tak hanya teori tapi pemahaman terhadap konsep project management yang diuji dalam final test ini.

–end–

Kontributor: Wiratama Putra Pratikta

Editor: RJP

Humas ITK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *