Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Muda di Era Milenial

ITK News I Kuliah Tamu

Balikpapan – Program Studi Teknik Sipil telah berhasil mengadakan Kuliah Tamu bertemakan “From Engineer to Entrepreneur : Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Muda di Era Milenial dalam Bidang Konstruksi” pada 30 April 2018 lalu di Auditorium Institut Teknologi Kalimantan. Presiden Direktur Balikpapan Ready Mix Pile sekaligus Ketua BPC HIPMI Kota Balikpapan, Glenn Aringga Nirwan menjadi narasumber.

Balikpapan Ready Mix Pile merupakan satu-satunya perusahaan pemasok beton pracetak dan pratekan di kawasan Kalimantan Timur, namun kini telah tersebar hingga kawasan Sulawesi. Sejak berdiri pada tahun 1990, PT. Balikpapan Ready Mix hanya berfokus pada bidang konstruksi saja, namun tak ada yang menyangka bahwa hingga saat ini perusahaan tersebut telah memiliki 6 anak perusahaan.

Dengan banyaknya pengalaman yang dimilikinya, Glenn pun mencoba untuk membaginya kepada seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil yang hadir pada acara tersebut.

Acara tersebut dipandu oleh dosen Program Studi Teknik Sipil, Rahman Satrio Prasojo yang berlaku sebagai moderator. Selama hampir kurang lebih 1 setengah jam berlangsung, antusiasme mahasiswa Program Studi Teknik Sipil tak pernah menurun.

Materi diawali dengan pemaparan terkait kisah balik usahanya dalam meneruskan usaha keluarganya. Kemudian dilanjutkan dengan tips-tips bagaimana agar usaha (bisnis) yang ia kerjakan dapat terus berjalan. Glenn pun menekankan bahwa sebelum kita ingin mengembangkan usaha (bisnis) kita sektor yang pertama kali kita lihat adalah sektor logistik, mengapa? Karena kita harus berkaca pada diri kita apa saja yang dibutuhkan oleh usaha (bisnis) kita.

Kuliah tamu kemudian diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Institut Teknologi Kalimantan dan sesi foto bersama. Selain itu, Glenn pula menawarkan untuk adanya kerjasama antara pihaknya dengan pihak Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan. Hal ini disambut baik oleh seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil.

Dengan berakhirnya kuliah tamu tersebut maka hal ini menjadi awal kerjasama yang baik antara Program Studi Teknik Sipil ITK dengan PT. Balikpapan Ready Mix Pile.

-end-

Ida Bagus Krisna Sastra  untuk Humas ITK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *