Meriahkan HUT Kota Balikpapan, ITK Adakan Innovation 2016

Balikpapan – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Balikpapan ke-119, Institut Teknologi Kalimantan mengadakan ITK Innovation 2016. ITK Innovation sudah tercantum dalam agenda rangkaian kegiatan hari jadi kota balikpapan ke-119 dari Pemerintah Kota Balikpapan. Sebelumnya, sejak ITK menerima mahasiswa baru pada 2012, ITK diadakan di Pulau Jawa karena kegiatan perkuliahan diadakan di Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Ketua Panitia ITK Innovation 2016, Mahendra Satria Hadiningrat mengatakan ini adalah untuk kedua kalinya acara besar ini diadakan di Kalimantan. Tema acara tahun ini adalah Young Innovation for Better Borneo. “Pelajar, mahasiswa, warga Balikpapan dan Kaltim umumnya  kami undang untuk berpartisipasi dalam acara ini,” kata dosen Program Studi Fisika ini di Kampus ITK Karang Joang, Rabu, 24 Februari 2016.

Mahendra mengatakan, ITK Innovation 2016 dibuka hari ini dengan lomba cipta karya inovasi oleh siswa-siswa SMA se-Kalimantan. Sedangkan  pada Kamis, 25 Februari 2016, akan ada senam pagi bersama Dahlan Iskan dan Kaltim Post Grup pukul 06.00 di pelataran Dome Balikpapan. “Ada periksa kesehatan juga, menjelang siang ada Talkshow bersama Dahlan Iskan dan Ricky Elson. Semuanya gratis,” katanya.

Menurut Mahendra, Dengan adanya acara ini ITK ingin menumbuhkan budaya inovasi di kalangan generasi muda, menstimulasi mereka menciptakan ide atau gagasan kreatif sesuai dengan potensi wilayahnya, lalu direalisasikan dalam bentuk karya nyata untuk kebaikan umat manusia.

Mahendra menambahkan sejumlah pihak sudah diajak bekerjasama, seperti  Pemerintah Kota Balikpapan, Kaltim Post Group, PT. Telkom Indonesia (Persero), PT. Samdifa Salsa Utama (Tupperware), enciety.com, Prodia, KPFM, RRI, TVRI, dan PT. XL Axiata Tbk. “Juga SMA, SMK, MA se-Kalimantan. Dengan bantuan semua pihak, kami berharap agar acara dapat berjalan lancar dan tujuan acara ini , ‘membuat terang Kalimantan’ dapat tercapai,” ujarnya.

ITK Innovation merupakan agenda tahunan dari ITK untuk menstimulasi lahirnya inovasi-inovasi di kalangan generasi muda di wilayah Kalimantan secara umum, dan Kalimantan Timur khususnya.

Rangkaian acara ITK Innovation 2016 terdiri dari tiga kegiatan, yakni ITK Innovation Contest, ITK innovation Fair, dan ITK Innovation Talkshow sebagai puncak acara  yang akan diadakan pada 25 Februari 2016, 08.00 sampai 14.30 WITA, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC-DOME) Balikpapan.

ITK Innovation Contest adalah lomba cipta inovasi bagi siswa sekolah menengah atas se-Kalimantan. Tema lomba adalah Brighter Borneo. Koordinator  lomba, Achmad  Gozali mengatakan sejauh ini peserta berasal dari Banjarmasin, Bontang, Samarinda, Tenggarong, dan Balikpapan. “Pendaftaran masih dibuka hingga 20 Februari 2016 nanti bagi pelajar untuk mengirimkan karya mereka. Kalau bisa dalam bentuk prototype atau karya jadi, minimal ide yang dituangkan dalam poster. Akan dipilih 10 finalis yang karyanya akan dipamerkan di Dome Balikpapan,” ujar Dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Tata Kota ini. Menurut Gozali, lomba ini bertujuan agar sumber daya manusia lokal memiliki inovasi nyata untuk wilayah mereka.

ITK innovation Fair adalah pameran inovasi karya pelajar SMA/SMK, mahasiswa ITK, dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Koordinator pameran, Basyaruddin mengatakan pameran ini ditujukan agar khalayak umum dapat mengetahui hasil-hasil karya generasi muda, baik pelajar sekolah menengah atas, maupun mahasiswa. “Semoga dapat menginspirasi khalayak umum untuk turut berinovasi di bidang apapun,” kata dosen Teknik Sipil ini.

ITK Innovation Talkshow sebagai puncak acara ITK Innovation 2016, merupakan talkshow ringan menghadirkan Dr.(H.C.) Dahlan Iskan, mantan menteri BUMN 2011-2014, Ricky Elson selaku teknokrat muda perancang mobil listrik pertama di Indonesia, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, dan Rektor ITK Sulistijono. Keempat tokoh tersebut diharapkan dapat memberikan paparan dan resep apa yang dapat dilakukan untuk sukses menghadapi tantangan global. “Pak Dahlan dapat berbagi pengalamannya ketika memimpin Jawa Pos, Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan Kementerian BUMN. Apa resep berinovasi sehingga sukses memimpin lembaga-lembaga itu” tutur koordinator acara Talkshow, Wira Setiawan.

Acara talkshow dengan tema Turning Good Ideas Into Great Innovations ini akan diadakan di Dome Balikpapan dan akan menampung 1.500 peserta, yang utamanya terdiri dari pelajar, dan mahasiswa. “Kami memberi 500 kursi bagi khalayak umum untuk hadir dalam acara talkshow tersebut,” ujar Wira yang juga dosen Teknik Perkapalan ini.

Menurut Wira, budaya kompetisi  dalam bidang teknologi sangat kurang di Indonesia. Padahal tantangan global seperti dengan datangnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kian memperketat persaingan di masyarakat dengan datangnya tenaga kerja terampil dari luar negeri. Penguatan sumber daya manusia adalah kunci agar negara ini bisa bersaing. Generasi penciptaan inovasi teknologi di bidang energi,  transportasi,  sumber  daya  alam,  pertanian,  dan  lingkungan menjadi solusinya. “Acara ITK Innovation akan menjadi acara tahunan yang akan menjadi sarana memperjuangkan misi itu,” katanya. Info lebih lanjut tentang acara ini dapat dilihat di innovation2016.itk.ac.id (humas ITK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *