Pegabdian Masyarakat: Pemetaan Potensi Wilayah

ITK Rayakan Dies Natalis ke-4
08/10/2018
Keputusan Menristekdikti Tentang Perpanjangan Masa Jabatan Rektor ITK
16/10/2018
Tunjukkan semua

Pegabdian Masyarakat: Pemetaan Potensi Wilayah

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Dalam menjalankan Tridar­ma pergu­ruan tinggi, dosen Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) melaksanakan kegiatan  pengabdian masyarakat di RT 42 dan 46 Kelurahan Karang Joang pada 25 Agustus 2018 lalu.

 

UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dijelaskan bahwa untuk mendorong partisipasi masyarakat, maka masyarakat perlu didorong untuk berperan aktif melalui peningkatan kapasitas masyarakat.

 

Masyarakat sebagai pelaku pembangunan harus terlibat secara total: mulai dari pengumpulan dan analisis data yang dapat ditingkatkan kapasitasnya melalui pemetaan potensi wilayah. Tujuan dari kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas masyarakat dalam pemetaan potensi wilayah.

 

Kegiatan dimulai pukul 09.00 sampai 12.00 WITA bertempat di Posyandu RT 46. Masyarakat yang hadir adalah perwakilan dari kelompok-kelompok masyarakat seperti Kelompok Tani, Karang Taruna, dll. Kegiatan diawali dari penjelasan terkait tata cara pemetaan potensi wilayah. Setelah itu dilanjutkan dengan pemetaan potensi wilayah yang dilakukan oleh masyarakat sendiri.

 

Pemetaan wilayah berkaitan dengan potensi dan masalah yang ada di RT 42 dan RT46. Kegiatan pemetaan potensi wilayah ini diharapkan menjadi awal untuk kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya dengan mengembangkan potensi-potensi yang ada.

 

Pak Agus selaku ketua RT 46 dan ketua Kelompok Tani mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. Dengan adanya kegiatan ini maka masyarakat akan lebih memahami potensi dan permasalahan wilayahnya dan mengharapkan adanya keberlajutan dari kegiatan ini.

 

Dengan masyarakat mengetahui potensi di wilayahnya diharapkan ke depannya akan dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

-end-

Penulis : Muhammad Rizky Pratama untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *