Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa-Siswi SMAN 9 Balikpapan

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Program Studi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan (ITK) memberikan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah kepada siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 9 Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Utara. Pelatihan ini merupakan bagian dari program pengabdian oleh civitas akademika ITK untuk masyarakat (pengmas). Rossana Margaret Kadar Yanti, dosen Teknik Sipil memimpin tim pengmas tersebut didampingi dosen lainnya. Pelatihan ini bertujuan membantu siswa dalam merancang dan menuliskan rencana penelitian atau karya ilmiah yang mendukung lomba karya ilmiah tingkat sekolah menengah atas, maupun kemampuan menulis mereka secara umum.

Kehadiran tim Pengmas tersebut disambut baik oleh mahasiswa dan guru di lingkungan SMAN 09 Balikpapan. Siswa cukup antusias memperhatikan materi yang diberikan oleh Rossana Margaret. Rossana memaparkan bahwa siswa perlu diberikan bekal yang cukup mengenai penulisan karya tulis ilmiah.

Salah satu materi yang diberikan adalah struktur atau sistematika penulisan karya tulis ilmiah. Sistematika dari karya tulis ilmiah sesuai paparan adalah Judul, Abstrak, Pendahuluan, Tujuan, Metode, Hasil dan Pembahasan, dan diakhiri dengan kesimpulan.

“Hal yang perlu dilakukan pertama kali saat menyusun karya ilmiah adalah menentukan tema atau topik yang akan diangkat,” kata Rossana. Setelah itu, lanjut Rossana, adalah mengidentifikasi masalah-masalah terkait dengan topik karya tulis ilmiah yang akan dibuat. “Dari identifikasi perlu dilakukan perumusan masalah yang akan dibahas. Agar penulisan karya tulis ilmiah dapat dibuat lebih jelas maka perlu dicantumkan metode penelitian yang merupakan langkah-langkah atau cara yang digunakan dalam penelitian.”

Dosen asli Balikpapan ini mencontohkan di antara metode yang dijabarkan selama pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah Teknik pengambilan data. “Ada beberapa cara yakni eksperimental (percobaan), observasi (pengamatan), wawancara, kuisioner/angket/survei serta studi pustaka. Dalam penulisan karya tulis ilmiah siswa perlu menjelaskan dengan jelas mengenai hasil yang didapatkan selama penelitian sehingga pembaca akan mudah memahami hasil dari karya tulis yang dibuat.”

Pada akhir sesi pelatihan, tim memberikan cenderamata kepada perwakilan guru SMAN 09 Balikpapan. Diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini, siswa dapat menulis karya ilmiah dengan baik, sistematis sesuai dengan kaidah penulisan laporan.

-end-

Mohammad Hadid untuk Humas ITK

Editor: Ridho J. Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *