Pemodelan Matematika untuk Kehidupan Sehari-Hari

ITK News │ Mathematical Modelling

Balikpapan – Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Mathematical Modeling for Life Science Workshop”. Ketua program studi, Sigit Pancahayani mengatakan workshop ini dilakukan untuk mengenalkan lebih jauh Ilmu Pemodelan Matematika  bagi mahasiswa.

“Matematika adalah salah satu ilmu dasar bagi semua cabang ilmu pengetahuan. Ilmu Pemodelan ini membantu kita mengetahui penerapan Matematika dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sigit di Ruang 307, Kampus ITK, Selasa, 8 Mei 2017.

Matematikawan asal Universitas Twente, Belanda, Dr. Frits Van Beckum menjadi narasumber  dalam pelatihan yang diadakan selama dua hari tersebut. Peserta workshop tidak hanya mahasiswa ITK tetapi juga dosen, dan sejumlah akademisi Universitas Balikpapan, Stikom, dan Universitas Mataram

Irma Fitria, dosen Matematika yang turut hadir dalam pelatihan tersebut, membagi ilmu yang ia dapatkan. Pemodelan Matematika adalah salah satu cabang ilmu Matematika yang didalamnya membahas proses pemodelan suatu fenomena dalam kehidupan sehari-hari secara matematis. Selanjutnya, model tersebut akan diselesaikan menggunakan metode-metode yang sesuai dan disimulasikan untuk memperlihatkan pengaruh-pengaruh yang terjadi dari fenomena tersebut.

“Intinya adalah penerapan dari Ilmu Matematika,” kata Irma. Contohnya ketika kita ingin mengetahui laju pertumbuhan populasi, yang dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan matematis. “Persamaan ini lalu diselesaikan, sehingga kita dapat memprediksi berapa jumlah populasi suatu wilayah dalam 25 tahun mendatang,” ujar wanita asli Kalimantan Selatan ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan, mengaku senang ITK dapat mendatangkan ahli Pemodelan Matematika dari Belanda. “ITK beruntung mendapat kesempatan menimba ilmu dari Dr. Frits. Ke depan ITK berkomitmen mendatangkan para pakar ilmu pengetahuan terapan untuk membagi ilmunya di ITK,” tutur doktor di Bidang Optimasi Matematika ini.

“Workshop seperti ini sangat bagus. Saya harap akan diadakan lagi workshop,” ujar salah satu peserta dari ITK, Nurul Ilma Hidayanti.

Fredericus “Frits” P. H. Van Beckum adalah seorang Matematikawan kelahiran Belanda, 1943. Ia menamatkan pendidikan matematika murni di Nijmegen University. Setelah lulus, Frits mengajar di University of Twente. Meraih gelar Ph.D. pada tahun 1995, menguasai Matematika dan Numerik untuk Fisika dan Teknologi Kimia. Awal tahun 1990-an, Frits bergabung bersama Brenny van Groesen mulai menjalin kerjasama dengan para Matematikawan tanah air. Di Belanda, beliau mengembangkan Pemodelan Matematika pada sistem Pemilihan Umum. Sejak 2012, beliau telah melakukan 8 perjalanan ke Asia Tenggara untuk mengadakan workshop pemodelan dasar dan kelas lainnya.

Kontributor: Novita Lestari Payung, Irma Fitria

Editor: Ridho Jun Prasetyo

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *