Pendaftaran

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan rapor semester satu sampai semester lima bagi SMA/SMK/MA, atau sederajat dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun, serta prestasi siswa/calon mahasiswa.
SNMPTN sepenuhnya ditangani oleh pihak sekolah.
Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. PDSS diisi oleh pihak sekolah. Karena itu siswa silakan menghubungi Guru BK atau Kepala Sekolah masing-masing, untuk mengetahui apakah siswa yang bersangkutan memenuhi syarat sebagai peserta SNMPTN.

Jadwal SNMPTN 2017:
Pengisian PDSS: 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS: 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2017
Proses Seleksi: 16 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi: 26 April 2017

Siswa Pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Silakan unduh bahan-bahan informasi SNMPTN 2017 pada tautan berikut:
Presentasi Pengisian PDSS dan Pendaftaran SNMPTN 2017
Presentasi Kebijakan SNMPTN dan SBMPTN 2017
Peraturan Menteri Nomor 126 Tahun 2016
Leaflet SNMPTN 2017
Poster SNMPTN 2017
Poster ITK

Baca Lebih Lanjut
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN adalah seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui proses ujian Tertulis (terdiri dari Paper Based Testing/PBT atau Computer Based Testing/CBT), dan Ujian Keterampilan bagai peserta yang mendaftar ke program studi bidang Seni dan Keolahragaan.
Ujian Tertulis (PBT atau CBT terdiri dari):
1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)
2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek): Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum): Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu Kelompok Saintek dan Kelompok Soshum. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

Jadwal Ujian
Ujian Tertulis (PBT dan CBT): Selasa, 16 Mei 2017 (Penetapan jenis PBT atau CBT, dan tempat pelaksanaan ditentukan Panitia Pusat SBMPTN nasional).
Ujian Ketrampilan: Rabu, 17 Mei 2017 dan/atau Kamis, 18 Mei 2017
Hasil seleksi akan diumumkan pada 13 Juni 2017, mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses pada laman http://www.sbmptn.ac.id
Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Silakan unduh bahan-bahan informasi lengkap SBMPTN 2017 pada tautan berikut:
Presentasi Kebijakan SBMPTN SNMPTN 2017
Leaflet SBMPTN 2017
Poster SBMPTN 2017
Peraturan Menteri Nomor 126 Tahun 2016
Poster ITK

Baca Lebih Lanjut
Ujian Mandiri Institut Teknologi Kalimantan (UMITK) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru ITK melalui ujian mandiri (ujian lokal) yang diselenggarakan secara independen oleh ITK.
Proses seleksi:
1. Pendaftaran calon peserta ujian mandiri secara daring (online) melalui website: http://um.itk.ac.id/ (laman ini telah aktif)
2. Materi yang diujikan terdiri dari: Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik (TPA).
Periode pendaftaran: 5 - 30 Juni 2017

Baca Lebih Lanjut