Pengamanan Teknologi Informasi Masa Kini

ITK News I Kuliah Tamu Sistem Informasi

Balikpapan – Tepat jam 08.30 WITA berlangsung kuliah tamu Sistem Informasi (SI) mengenai IT Security di Auditorium Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Jumat, 6 April 2018. Andri Apriyana SA, MM, CISA, CEH, CRMP menjadi pemateri pada kegiatan kali ini. Beliau merupakan lulusan magister Fakultas Manajemen Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Aktuaria, Universitas Indonesia yang sekarang bekerja di PT. Astra International Tbk. sebagai Head of Portofolio – Group Audit & Risk Advisory.

Beliau memiliki banyak pengalaman dan sertifikasi dalam dunia IT. Sertifikasi yang paling mencolok yang dimilikinya yaitu sertifikasi di bidang Ethical Hacker. Seritifikasi Ethical hacker merupakan sertifikasi yang ditawarkan oleh lembaga sertifikasi di bidang cyber security yang di mana seseorang akan diajarkan untuk menjadi seorang hacker yang beretika.

Materi yang disampaikan ada tentang manajemen untuk mengatur resiko yang dapat menyerang suatu sistem keamanan organisasi. Terdapat tiga cara untuk mengatur resikonya yaitu merancang respon sebelum menghadapi resiko, melatih kewaspadaan terhadap resiko dan meningkatkan keamanan setelah melakukan penanganan suatu resiko. “Saya jauh lebih paham mengenai bagaimana cara mengatasi resiko keamanan IT di suatu perusahaan,” ungkap Diah Ayu Novita Sari yang merupakan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Angkatan 2017.

Materi seru ini harus berakhir pukul 12.00 Wita. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa sistem informasi. Mereka jadi tahu bagaimana rasanya bekerja di dunia IT dari cerita lelaki yang kerap dipanggil AA ini. “Materi yang disampaikan sangat jelas. Menambah wawasan saya mengenai dunia kerja khususnya di bidang IT,” kata Nisya Rani Sabila, salah satu mahasiswa SI 2016.

Namun, beberapa mahasiswa masih merasa berat untuk mendapatkan materi ini karena masih belum memahami istilah-istilah yang tercantum di dalamnya. Hal ini pun dirasakan oleh Dede Arfiansyah mahasiswa SI angkatan 2016. ”Keren pemaparannya. Di awal materi masih bisa dicerna tapi ketika masuk materi audit. Itu sudah mulai berat,” ungkapnya.

Namun, Dede berharap dapat melihat langsung bagaimana sistem audit yang ada di Astra International agar kebingungannya bisa terpecahkan. Kegiatan yang diikuti seluruh mahasiswia SI ini ditutup dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan kepada AA. Semoga kuliah tamu selanjutnya menyuguhkan materi yang lebih seru dan pastinya bermanfaat.

-end-

Raydha Yulia untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *