Pentingnya Peran Generasi Muda dalam Kemajuan Teknologi

Kuliah Tamu Non Destructive Test (NDT)
31/10/2017
ITK Sukses Gelar Konferensi Sains dan Teknologi Pertama di Kalimantan
08/11/2017
Tunjukkan semua

Pentingnya Peran Generasi Muda dalam Kemajuan Teknologi

Antusiasme Hadirin Mendengarkan Pemaparan Materi dari Dr. Ing Ilham Habibie saat Talkshow

ITK News I Inspirasi

Balikpapan – Gelaran multi-event Dies Natalis ke 3 ITK telah dihelat, salah satu event dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ITK telah digelar pada hari Rabu, 18 Oktober 2017. Yakni acara Talkshow yang bertajuk “Bekerja Bersama membangun Teknologi Untuk Bangsa” yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Balikpapan. Acara ini menghadirkan putra mantan presiden BJ Habibie, yaitu seorang yang terkemuka di bidang teknologi di Indonesia DR.Ing. Ilham Habibie, serta ICT Head dari Angkasa Pura I, Wida Budi Pramono sebagai pembicara.

Acara dibuka oleh penampilan angklung SMA Negeri 2 Balikpapan. Pengunjung yang hadir dalam acara ini diantaranya warga, pelajar dan mahasiswa/i Balikpapan, serta beberapa tamu undangan yaitu staff ahli Dinas Sosial, perwakilan Bank Indonesia, perwakilan SKPD dan Prof Dwi Nugroho yang merupakan perwakilan Gubernur Kalimantan Timur.

“Acara ini tidak hanya mengedepankan membangun teknologi, namun juga mengedepankan budaya serta karakter anak bangsa, sehingga Dies Natalis ke-3 ITK memiliki rangkaian kegiatan yang membangun karakter serta tak luput mengedepankan budaya, seperti kontes Tahfidz, Rector Cup, ITK Expo dan masih banyak lagi,“ ungkap M. Purwanto selaku ketua acara Dies Natalis ke-3 Institut Teknologi Kalimantan.

Dalam sesi sambutan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan, Ph.D memberikan apresiasi kepada tim PKM Institut Teknologi Kalimantan yang pada 2016 mampu memberangkatkan 1 tim dan tahun ini mampu memberangkatkan 2 tim sampai ke PIMNAS dan mewakili Institut Teknologi Kalimantan. Subchan juga menuturkan bahwa hal ini membuktikan bahwa ITK telah mengalami peningkatan, mengingat kampus ITK baru dibangun dengan akses menuju kampus yang cukup sulit dan fasilitas yang belum terpenuhi.

Talkshow bersama pembicara dipandu oleh Farid Nurrahman S.T., M.T yang merupakan dosen Perencanaan Wilayah dan Kota di Institut Teknologi Kalimantan. Dr. Ing Ilham Habibie membawakan topik yang berjudul “Peran Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi menuju Indonesia 2045. Beliau memaparkan bahwa Teknologi-Inovasi-Kewirausahaan merupakan sebuah rantai penting untuk memajukan bangsa dan beliau menekankan bahwa generasi muda harus mampu memajukan bangsa dengan transformasi tapi tidak mengubah budaya dan tetap dengan identitas bangsa kita.

Selain itu, Wida Budi Pramono menuturkan ”ICT harus mampu berperan sebagai driver dan leader untuk masa depan, dan ICT diharapkan berperan untuk meningkatkan pendapatan dengan menekan biaya”. Talkshow ditutup dengan penampilan musik dari Institut Teknologi Kalimantan.

-end-

Tim Media dan Publikasi, Panitia Dies Natalis ke-3 ITK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *