IT News I Idul Adha

Balikpapan – Kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) merayakan Idul Adha 1438H dengan serangkaian acara. Mulai dari Kajian Dzulhijjah pada 28 Agustus 2017, dilanjutkan dengan pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Al-Fatih ITK, pada Jumat, 1 September 2017, dan puncaknya pada Sabtu, 2 September 2017, penyembelihan hewan qurban berupa 4 ekor sapi, dan 2 ekor kambing di lingkungan kampus ITK.

Bertempat di Auditorium ITK, Kajian Dzulhijjah diisi oleh dosen Agama Islam ITK, Sangidun, Lc, MA, M.Ed yang membawakan tausiah seputar sejarah pengurbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail , a.s., dan ibadah-ibadah pada Bulan Dzulhijjah. Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha di dalam masjid yang masih dalam proses pembangunan itu, puluhan jamaah yang terdiri dari dosen, staf kependidikan, mahasiswa, karyawan, dan warga sekitar tampak khusyuk mendengarkan ceramah dari Ustadz Dienul Had, Lc yang merupakan alumnus Universitas Islam Madinah. Ini juga pertama kalinya pelaksanaan Shalat Id di masjid kampus tersebut.

“Syukur berlipat-lipat kita ucapkan kepada Allah SWT. Atas nikmatNya, kita dapat melaksanakan shalat disaksikan burung-burung, angin, semut kecil, hingga pepohonan yang bertasbih dengan cara mereka masing-masing. Menyaksikan kita bertakbir memujiNya meski di masjid yang sangat sederhana ini. Momen ini harus kita ingat sebagai sejarah. Allahu Akbar wa lillahilhamd,” kata khatib dalam ceramahnya.

Esoknya, dilakukan penyembelihan hewan qurban dari muqarrib (pengqurban), yang terdiri dari dosen, orang tua mahasiswa, keluarga civitas akademik ITK, dan mahasiswa ITK.

Nama masing-masing civitas yang berqurban, yakni 2 ekor kambing atas nama Happy Aprillia, Rodlian Jamal Ikhwani, dan 4 ekor sapi atas nama Winarni, Entji Muhammad Iman, Kusjadi Wirosumarto, Kusmarwati, Lovinta Happy Atrinawati, Dian Mart Shoodiqin, Bebita Lucky Atrinawati, Aurellia Quincy Atrinawati, Abdi Suprayitno, Achmad Ghozali, Soetjipto, Vinda Daningrum, Elham Mikal, Agung Djaka Setiadi bin Achmad Ridwan, Ninik Mugiati binti Mangun Djaherah, Subchan, Ph.D., Dwiyana Tufail, Ngatmorejo, Abdurrahman (Alan AMareson), Ikhwan Dilah, Suwanto, Wahyu Hidayat, Mushab (Ricko), dan Arizal.

Acara penyembelihan berlangsung hingga tengah hari. Lebih dari 300 kantong daging qurban berhasil dibagikan ke warga sekitar dan civitas akademik.

Ketua Panitia Idul Adha 1438H Masjid Kampus ITK, Rodlian Jamal menyampaikan terima kasih atas kesediaan civitas akademik yang berqurban di ITK. Menurutnya kegiatan qurban ini adalah wujud dari kepedulian civitas kepada masyarakat. “Kami upayakan yang terbaik dalam menjalankan amanah qurban ini, sesuai syariat, dan daging qurban sampai ke masyarakat,” ujar dosen Teknik Perkapalan ini.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Fatih ITK, Mochamad Purwanto mengungkapkan dibutuhakn dua bulan persiapan untuk memastikan penyelenggaraan Idul Adha benar-benar semarak. “Tentunya masih ada kekurangan di berbagai titik. Mohon masukannya agar tahun depan kami dapat melakukan lebih baik lagi,” ujar doktor di bidang Ilmu Kimia ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan, turut menyaksikan penyembelihan hewan qurban. “Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga ITK semakin berkah, dan kehadirannya memberi manfaat kepada masyarakat.”

-end-

RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *