Sertifikasi Keahlian Teknologi Informasi

ITK News I Kuliah Tamu Sistem Informasi

Balikpapan –  Pada Sabtu, 23 Maret 2018 Program Studi Sistem Informasi ITK mengadakan kuliah tamu yang mengangkat judul “Sertifikasi IT & Teknologi Terbaru Microsoft”. Kuliah tamu merupakan salah satu cara meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pentingnya sertifikasi, khususnya pada bidang IT dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Institut Teknologi Kalimantan Gedung A Lantai 3, ini dihadiri oleh para dosen Informatika dan Sistem Informasi selaku penyelenggara kuliah tamu, mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan, dan Ragowo Riantory S.Kom.,MSCA selaku pembicara sekaligus Asesor Kompetensi BNSP dalam Bidang Teknologi Informasi dan Instruktur Microsoft Official Curriculum dengan materi Windows Server 2012.

Kuliah tamu ini menarik antusias para mahasiswa ITK untuk berpartisipasi menyaksikan dan berinteraksi dengan pembicara melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan yang dimoderatori oleh mahasiswi SI ITK, Gianda Almyra Lois.

 

 

Dalam kuliah tamunya, Ragowo menyampaikan beberapa poin penting. Terkait problema dunia kerja. Saat ini dunia bisnis mengalami perubagan yang sangat dramatis 10 tahun terakhir, yang mana permasalahan yang harus dihadapi yaitu Globalisasi/Pasar Bebas, Kebebasan mendapatkan informasi melalui internet, dan Meningkatnya tuntutan dari pelanggan.

“Menurut beberapa penelitian yang dilakukan beberapa ahli maka fakta seputar tenaga kerja Indonesia, banyak sekali lulusan SMA yang menjadi pengangguran, SDM yang tidak berkualitas dan banyaknya pekerja Indonesia yang hanya lulusan SD,” ujarnya.

Ragowo pun menyampaikan beberapa solusi atau cara yang dapat ditempuh. Pertama melalui Pendidikan Akademis. Generasi muda perlu memilih jurusan harus tepat dan sesuai dengan karier yang diinginkan. Karena saat ini perusahaan tidak hanya membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidangnya  saja, tetapi juga mempunyai kemampuan umum untuk mendukung kegiatan dalam setiap rutinitas.

Kedua, terkait Spesialisasi dan Keterampilan. Pada dasarnya pelajar harus memahami profesi yang nantinya akan dipilah dan memiliki keterampilan pendukung yang sesuai dengan pekerjaan.

Ketiga, perlunya pengenalan Program Sertifikasi MTA. Salah satu cara dalam mengawali problem dunia kerja dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan Microsoft Tchnology Associate (MTA). MTA merupakan sertifikasi awal dari Microsoft yang digunakan untuk meningkatkan penilaian dan kredibilitas siswa dalam menyongsong Eurpoean Medicies Evaluation Agency(EMEA),yang dimana peserta didil akan mendapatkan pengakuan secara internasioanl dan titel Profesional yang dapat digunakan dalam meniti karir sebagai pekerja IT dengan standar yang berlaku di seluruh dunia.

MTA dipandang mampu menjawab kebutuhan dalam era Free Trade EMEa 2015 yang memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk memiliki daya saing dengan Sumber Daya Manusia(SDM) dari negara lain. Dan tentunya kebutuhan sertifikasi memiliki standar sebagai jaminan kemampuan dan skill lapangan yang telah dimiliki para siswa. Yang mana pada saat ini harapan banyak perusahaan saat ini adalah Super Graduate dan tifak memerlukan training khusus.

Dalam program sertifikasi MTA terbagi menjadi 3 bagian dalam materi seperti:

Networking Fundamentals

  • Understanding Network Infrastructures

Internet, Intranet, Extranet, LAN, WAN, Wireless Networking, dan Network Topologies

  • Understanding Network Hardware

Switch, Router, dan Cable Types

  • Understanding Protocols & Services

OSI Layer, IPv4, IPv6, Names Resolution, Networking Services, dan TCP/IP

  • Software Development Fundamentals
  • Understanding Core Programming

Data Types, Decision Structures, Handling Repetition, dan Error Handling

  • Undrestanding Object-Oriented Programming

Class, Inheritance, Polymorphism, dan Encapslulation

  • Understanding General Software Development

Application Life Cycle Management, Application Spesificatiom dan Data Strructures

  • Understanding Web Applications

Web Page Development, ASPNET Web Development, Web Hosting dan Web Services

  • Understanding Dekstop Applications

Windows Store Apps, Console-Based Applications dan Windows Connection

  • Understanding Databases

RDBMS, Database Query, dan Database Connection

  • Database Fundamentals
  • Understanding Core Database Concepts

How Data is Stored, Relational Database, DML, dan DDL

  • Create Database Objects

Data Types, Tables, Views, Stored Procedures & Functions

  • Manipulate Data

Select Data, Insert Data, Update Data, dan Delete Data

  • Understand Data Storage

Normalization Security, Primary-Foreign-Composite Keys, dan Indexes

  • Administer a Database

Database Security, Database Backup & Restore

 

Menurut Ragowo terdapat beberapa keuntungan mengikuti Program MTA.

Dalam pelaksanaan test  MTA dilakukan menggunakan perangkat kompurer secara online yang mana pada seluruh soal ujian langsung dibuat dan diambil dari Microsoft sehingga standar  dan bobot soal merupakan sama di semua lokasi dunia. Keuntungan yang didapatkan pada MTA Program ini sebagai berikut:

  1. Institusi sebagai Testing Center sehingga dapat menjaring peserta baik dari dalam maupun luar.
  2. Tidak memerlukan Infrastruktur tambahan jika memiliki Laboratorium Komputer yang rekoneksi dengan internet.
  3. Pelaksanaan ujian mudah dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan
  4. Mendapatkan TOT, Support & pendampingan teknis. Dan tips& trik sertas kisi-kisi ujian
  5. Peserta boleh dari peserta didik atau pengajar pada institusi tersebuut atau dari luar institusi

Fakta Mengenai Pesatnya Perkembangan IT dan Pengenalan Internet of Things(IOT)

Dalama perkembangan teknologi saat ini mengalami banyak proses perkembangan contoh lainnya adalah Cloud Computing, Social Media, dan Tablets and Smartphones. Teknologi yang digunakan pada jaman ini merupakan teknologi baru yang disebut dnegan Internet of Things(IOT). Yang mana IOT merupakan sebuah konsep dimana suratu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interkasi menusia ke manusia ke computer, yang sederhananya merupakan konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun satu dengan yang lainnya.

Pengenalan Micropython

Terdapat cara mudah untuk mengimplemntasi IOT dengan bahasa pemograman Micropython, yang merupakan bahasa pemograman yang rmaping dan efisien dari Python 3. Bahasa ini digunakan untuk pengembangan Microcontroller dan Constrained Ervionments yang dibuat oleh programmers asal Australia bernama Damien George yang telah sukses mengembangkan Kickstarter saat tahun 2013.

IOT dari Microsoft

Dengan mengimbangin kemajuan teknologi saat ini Microsoft menerapkan IOT dengan BBC Micro:bit dengan alas an harga yang terjangkau dan dapat di program dengan mudah sehingga dirancang untuk membuat kegitan belajar mengajar menjadi mudah dan menyenangkan.

Kesan dan Pesan

“Wah, acara kuliah tamu kemaren menurut saya keren sekali dimana kita diajarkan bagaimana menjadi seorang yang bias menghadapi dunia kerja dari perwakilan Microsoft secara langsung, yang menyampaikan materi secara asik dan membuat para audiens terus ingin memperhatikan. Disini kita juga diberikan pengetahuan  tentang sertifikasi MTA, dan kemungkinan akan mengikuti ujian  MTA tersebut. Untuk mengikuti ujian ini saya lebih memikirkan akan mengikuti ujian Software Developmer atau ujian Python dengan pertimbangan lebih mudah dalam mencapai 2 ujian tersebut,” ujar Adhimas Prayogie, Mahasiswa Sistem Informasi 2015.

-end-

Tim Sistem Informasi ITK untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *