Teknik Kimia dan Perkembangannya

ITK News │ Teknik Kimia

Balikpapan – Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Teknik Kimia Indonesia (Aptekindo), Juwari, Ph.D memberikan kuliah tamu, “Teknik Kimia: Dasar dan Perkembangannya” di hadapan civitas akademik ITK, Senin, 22 Mei 2017. Peserta adalah mahasiswa Program Studi Teknik Kimia ITK angkatan 2013 sampai 2016, dosen, dan tenaga kependidikan.

Juwari mengatakan, Teknik kimia merupakan cabang ilmu teknik yang menggabungkan lima bidang ilmu sekaligus: fisika, kimia, biologi, matematika, dan ekonomi menjadi satu ilmu baru.

“Teknik Kimia tidak hanya berkutik pada migas (minyak dan gas) saja, tetapi juga dapat bersinggungan dengan bidang medis,” ujar Ketua Departemen Teknik Kimia FTI ITS ini.

Juwari mencontohkan sejak awal 2000 (awal Abad ke-21), Revolusi Bioteknologi menjadi tema besar penelitian Teknik Kimia di berbagai negara, termasuk di Indonesia. “Para peneliti di Jepang, misalnya, berhasil menemukan solvent (pelarut) yang aman dan dapat membantu difusi atau penyerapan obat-obatan ke pembuluh darah manusia lebih cepat”, lanjutnya kemudian.

Dosen yang ahli di bidang Perancangan dan Pengendalian Proses ini juga menjelaskan tentang Chemical Process Design, and Integration, and safety (Desain Proses Kimia, Integrasi, dan Keamanan). “Desain sebuah pabrik/industri tidak hanya fokus pada proses reaksi, mengubah bahan baku menjadi produk yang bernilai, tetapi juga mencakup hal keamanannya (safety). Ia mengatakan bahwa dalam desain proses, seorang engineer/insinyur Teknik Kimia harus memperhatikan safety.

“Contoh kasus sederhana, dalam sebuah reaktor terjadi fast reaction/runaway reaction, jika tidak ditangani degan baik, over pressure and temperature dapat mengakibatkan explosion. Karena itu, dalam perancangan diperlukan perhitungan yang tepat,” jelas Juwari. Hal tersebut yang perlu diperhatikan para sarjana Teknik Kimia dalam merancang suatu pabrik, proses yang efisien dan aman.

Di akhir sesi, Juwari menyinggung sedikit perkembangan teknologi digital. “Sekarang mudah sekali bagi kita untuk memperoleh pengetahuan dan informasi. Seperti dari Youtube, kita bisa mengetahui cara kerja berbagai perangkat kimia, proses industri, dan sebagainya tanpa harus mendatangi sebuah pabrik”, beber pemilik akun Youtube ‘Juwari Joe’ sambil mempromosikan akun Youtube-nya.

Acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Peserta pun begitu antusias mengikuti kuliah tamu ini. Seperti yang dikemukakan Billiam, mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2016. Menurutnya acara tersebut sangat bermanfaat, terutama bagi dia yang merupakan mahasiswa tahun pertama. “Saya jadi lebih tahu gambaran umum di Teknik Kimia, apa saja yang akan dipelajari, dan keahlian yang dibutuhkan ketika bekerja nanti. Ditunggu kultam selanjutnya”, ujarnya.

Ketua Prodi Teknik Kimia, Adrian Gunawan mengatakan, kuliah tamu memang telah dijadwalkan secara rutin, dan merupakan bagian dari kurikulum Teknik Kimia ITK. “Kami ingin memperkaya wawasan dan pengetahuan dosen dan mahasiswa dengan mendatangkan ahli-ahli yang memiliki keahlian tertentu,” kata Adrian.

Kultam Kimia Mei 2017_2

Kuliah tamu yang berlangsung selama 2 jam ini ditutup dengan pemberian cinderamata oleh Adrian Gunawan selaku Ketua Prodi Teknik Kimia ITK, dan berfoto bersama. (*)

-end-

Kontributor: Nindita Cahya Kusuma

Editor: RJP

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *