Tutorial Belajar dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ITK

Bakti Sosial Teknik Perkapalan ITK ke Panti Asuhan Darussilmi
10/05/2018
Sertifikasi Keahlian Teknologi Informasi
10/05/2018
Tunjukkan semua

Tutorial Belajar dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ITK

ITK News I Kegiatan Mahasiswa

TORSI, Tutorial Sistem Informasi, Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan Menghadapi UAS/UTS

Balikpapan – Belajar merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa dihindari, khususnya bagi mahasiswa yang memiliki tanggung jawab melimpah selain belajar. Mau tidak mau, senang atau tidak senang mahasiswa tidak jauh berbeda dengan pelajar pada umumnya di mana dituntut untuk menyelesaikan sejumlah ulangan, kuis, ataupun tugas besar untuk menghadapi semester yang ditempuh.

Sehubungan dengan akan diadakannya Ujian Tengah Semester (UTS), maka Departemen Ristek Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ITK, memfasilitasi mahasiswa SI angkatan tahun 2016 dan 2017 untuk menghadapi UTS pada tahun 2018 yang diberi nama Tutorial Sistem Informasi atau yang bisa disebut TORSI, yang menghadirkan pemateri dari mahasiswa yang ahli atau yang sudah pernah mengambil mata kuliah yang diajarkan. Mata kuliah yang diajarkan pun merupakan mata kuliah yang dipilih sendiri oleh peserta yang dirasa sulit dan butuh bimbingan lebih. TORSI hanya diperuntukan bagi mahasiswa Sistem Informasi Institut Teknologi Kalimantan dengan metode yang santai dan menyenangkan. Selain untuk menghadapi UTS, TORSI juga akan dibuat nantinya untuk menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS).

Tahun ini merupakan TORSI yang kedua diadakan pada 24 – 25 Maret 2018 di Ruang 204, Gedung B Kampus Institut Teknologi Kalimantan. Mata kuliah yang diajarkan adalah Manajemen dan Organisasi (MNO), Pengantar Sistem Operasi (PSO), dan Algoritma dan Pemrograman I (Alpro) untuk mahasiswa tahun 2017 serta Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), PROWEB, dan ALPRO III untuk mahasiswa tahun 2016. Sekitar 18 orang per kelas yang menghadiri tiap sesi mata kuliah untuk mahasiswa SI tahun 2017 dan sekitar 16 orang per kelas yang menghadiri tiap sesi mata kuliah untuk mahasiswa SI tahun 2016.

Di TORSI tahun ini, mata kuliah diajarkan dengan metode diskusi, sehingga mahasiswa yang kurang paham bisa langsung menanyakan materi yang kurang dipahami. Sehingga metode pembelajaran langsung mendapat feedback dari peserta. TORSI juga didukung  oleh fasilitasi ruang kelas yang nyaman (ber AC) dan perangkat pendukung yang memadai sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

-end-

Muhammad Ilmi Fauzan, 10151031, untuk Humas ITK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *