Teknik Kelautan (Ocean Engineering) adalah Program Studi yang menekankan pada kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menganalisis struktur bangunan lepas pantai dan sekilas ilmu tentang bangunan pantai. Struktur lepas pantai yang dibahas menekankan kepada bangunan apung, subsea system untuk menunjang deep water technology dan juga survey dan inspeksi yang berhubungan dengan industry di bidang teknik kelautan. Sehingga output yang dihasilkan berupa tenaga di bidang teknik yang unggul, kompetitif dalam bersaing dan memiliki etos kerja yang baik.

Setiap lulusan dari Program Studi Teknik Kelautan ITK akan dibekali pemahaman terkait dengan ilmu dasar dasar teknik, ilmu dasar teknik kelautan, desain bangunan laut (pantai dan lepas pantai), penguasaan perangkat lunak, dan pemahaman terhadap aturan yang digunakan untuk desain bangunan laut (pantai dan lepas pantai).

Visi

Menjadi program studi yang memiliki keunggulan untuk pengembangan sumber daya dan potensi daerah dalam pembangunan Kalimantan dan Indonesia dalam bidang Teknik Kelautan

Misi


Berdasarkan visi tersebut, maka misi Program Studi S1 Teknik Kelautan adalah:

  1. Memiliki lulusan unggul yang professional, berakhlak, bermoral, beretika, berkompeten dan mampu bersaing dalam disiplin ilmu rekayasa kelautan.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dan bermanfaat dengan riset dan teknologi di bidang Teknik Kelautan yang berkualitas untuk mendukung pengembangan sumber daya dan potensi Kalimantan.
  3. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam memecahkan permasalahan di bidang rekayasa kelautan terkait dengan pemberdayaan potensi daerah Kalimantan.
  4. Menjalin kerjasama dengan akademisi, stakeholders. Instansi nasional maupun internasional yang berbasis teknologi kelautan.


Kurikulum Teknik Kelautan


Download kurikulum

Prospek Lulusan

Pengajar

Rima Gusriana Harahap, S.T., M.T.

Teknik Kelautan


Manajemen Pesisir