Antusias Siswa SMAN 9 Balikpapan dalam mengikuti Pelatihan Pembuatan Animasi 3D

ITK News | Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Kalimantan Timur, memiliki program pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian. Pengabdian masyarakat memiliki tujuan membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun, dengan harapan dapat mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

Pada 20 September 2018, tim dosen Informatika (IF) Institut Teknologi Kalimantan dan dibantu dengan beberapa mahasiswa ITK mengunjungi sekolah SMAN 9 Balikpapan untuk melakukan pengabdian masyarakat berupa “Pelatihan Pembuatan Animasi 3 Dimensi” kepada para siswa dan siswi. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh keresahan dosen IF ITK terkait kurangnya kompetensi mahasiswa dalam memahami logika pemrograman dasar sehingga diperlukan inisiasi awal di tingkat sekolah menengah. Hal ini juga didasari oleh kebijakan Kurikulum 2013 (K-13) yang menghilangkan beberapa subyek pelajaran, salah satunya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Beberapa alasan mengapa TIK dihilangkan dari kurikulum karena merupakan mata pelajaran paling muda, asumsi usia sekolah dasar yang sudah mampu menggunakan internet, dan ketiadaan sarana penunjang untuk beberapa sekolah di daerah.

Tim dosen IF memiliki kerja sama dengan Oracle Academy, sebuah unit perusahaan Teknologi Informasi (IT) yang memiliki misi untuk menyebarkan konsep Computer Science dari usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kerja sama tersebut memberikan kemudahan IF ITK untuk mengadopsi kurikulum yang dimiliki oleh Oracle Academy dan mengaplikasikannya di kelas ataupun pelatihan di luar kampus, seperti yang tim dosen IF lakukan sebagai pengabdian masyarakat berupa pelatihan di SMAN 9 Balikpapan.

Dalam pelatihan ini, pemateri yang merupakan Dosen IF yaitu Ariyadi S.T, M.T memberikan pengetahuan mengenai pembuatan animasi 3 dimensi sebagai sarana pengenalan pemrograman dengan menggunakan modul yang disediakan Oracle Academy. Pada kesempatan ini, tim dosen ITK memberikan pelatihan dan fasilitas berupa aplikasi Alice pada setiap PC di Lab. Komputer sekolah secara cuma-cuma kepada para siswa. Hal ini dilakukan agar para siswa dapat belajar dan berlatih secara mandiri. Dalam pelatihan ini diharapkan siswa dapat mempunyai bekal mengenai teknologi yang ada untuk dapat bersaing didunia industri kedepannya atau setidaknya siswa memiliki dasar logika pemrograman untuk bekal di perkuliahan. Antusias peserta dapat dilihat dengan banyaknya siswa yang mengikuti pelatihan sebanyak 29 siswa dari kelas 10 dan 11.

Salah seorang siswa bernama Ardam bercerita, “Alice adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi yang dapat bergerak. Serta sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video game. Materi ini mudah dipahami dan sangat bermanfaat terutama bermanfaat untuk membuat animasi ataupun video game. Saya sangat senang dengan adanya pelatihan ini, karena melatih skill saya dalam pemrograman desain.” Salah seorang guru pendamping menyampaikan bahwa bekal kemampuan dasar ini sangat diperlukan untuk siswa, terutama bagi yang ingin melakukan kuliah di bidang IT. Hal ini dikarenakan pentingnya logika berpikir dan pemrograman di era modern seperti sekarang ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat ditutup dengan pembagian sertifikat pelatihan kepada para siswa dan pemberian cinderamata untuk sekolah dari ITK, dilanjutkan dengan foto bersama. Tim dosen, yang diwakili pak Ariyadi juga berpesan bahwa para siswa harus terus belajar dan haus akan pengetahuan seperti pesan dari ex-CEO Apple, Steve Job, “Stay Hungry, Stay Foolish” (Terus Merasa Lapar, Terus Merasa Bodoh). Kemudian dilanjutkan pesan bahwa ITK akan terus mendukung peningkatan kemampuan di daerah sekitar ITK, sehingga makin terasa manfaat dari keberadaan ITK untuk sekitarnya, baik Karang Joang, Balikpapan, Indonesia, maupun dunia.

SPECTA! Untuk Sang Pencipta dan Bumi Etam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *