Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah melakukan kunjungan yang signifikan ke Guangzhou, Cina pada tanggal 17 Mei 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara ITK dan Guangxi University Science and Technology (GXUST) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Delegasi ITK yang terdiri dari Prof. Dr. Agus Rubiyanto, M.Eng.Sc. selaku Rektor ITK, Yunita Triana, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITK, dan Andi Idhil Ismail, S.T., M.Sc., Ph.D selaku Ketua Jurusan Teknologi Industri dan Proses, telah melakukan serangkaian kegiatan yang bermanfaat selama kunjungan ini.

Puncak acara kunjungan ini adalah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ITK dan GXUST. MoU ini mencakup kerjasama yang meluas di berbagai bidang, termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan MoU ini menjadi langkah penting dalam menggalang kerjasama yang efektif dan berkelanjutan antara kedua institusi.

Dalam penandatanganan MoU ini, kedua institusi berkomitmen untuk memperkuat pertukaran akademik antara mahasiswa dan dosen. Hal ini akan memberikan peluang bagi mahasiswa ITK dan GXUST untuk belajar dan berpartisipasi dalam program pertukaran, sehingga mereka dapat memperoleh pengalaman internasional yang berharga dan meningkatkan pemahaman lintas budaya.

Selain itu, kerjasama di bidang penelitian juga menjadi fokus utama dari MoU ini. Kedua institusi akan berkolaborasi dalam pelaksanaan proyek penelitian bersama yang melibatkan fakultas dan peneliti dari masing-masing universitas. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kualitas penelitian, berbagi sumber daya, dan menghasilkan penemuan-penemuan ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kerjasama di bidang pengabdian masyarakat juga menjadi perhatian penting dalam MoU ini. ITK dan GXUST akan saling mendukung dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup dan pembangunan berkelanjutan. Melalui kerjasama ini, kedua institusi berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat, terutama di wilayah Kalimantan dan Guangxi.

Prof. Dr. Agus Rubiyanto, M.Eng.Sc., Rektor ITK, mengungkapkan harapannya terhadap kerjasama ini. Ia berharap bahwa kerjasama antara ITK dan GXUST akan berjalan dengan efektif dan berkelanjutan, serta memberikan manfaat yang besar bagi kedua institusi. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi lintas batas negara dalam menghadapi tantangan global dan memperluas wawasan mahasiswa serta dosen.

Kunjungan ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerjasama antara ITK dan GXUST. Kerjasama ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi kedua institusi dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat, kerjasama ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan inovasi dan kemajuan yang berkelanjutan.

Public Relations of Kalimantan Institute of Technology

#KampusMerdeka

Let's Share:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content