Gedung Kedua ITK Rampung, Sayangnya Masih Terkendala Listrik

BALIKPAPAN – Kegiatan belajar di kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang terletak di Km 13, Karang Joang, Balikpapan Utara sudah dimulai sejak Agustus lalu. Sayangnya, sampai sekarang kampus yang dibangun dengan dana APBN ini belum juga mendapatkan suplai listrik PLN. Hal ini lantaran pemerintah kota belum merampungkan pembangunan transmisi listrik menuju kampus.

Wakil Rektor ITK Subchan mengeluhkan hal tersebut. Menurutnya saat ini operasional masih menggunakan genset yang dipinjamkan dari pemerintah kota. Namun, biaya operasional menjadi membengkak. Dalam sehari rata-rata habis bahan bakar sampai 70 liter. Dengan terbangunnya satu gedung baru empat lantai, operasional menggunakan genset tentu tak memungkinkan lagi.

“Gedung kedua untuk 36 ruang kelas sudah hampir rampung. Tinggal finishing. Anggarannya hampir Rp 50 miliar. Tinggal listriknya saja yang belum masuk. Makanya server kami sekarang masih dititipkan di Surabaya (ITS). Kalau pasokan listrik sudah stabil baru kami pindah sepenuhnya ke Balikpapan,” jelasnya.

Seperti diketahui, pembangunan ITK sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat. Namun, pemerintah daerah baik pemkot maupun pemprov harus melengkapi infrastruktur. “Alhamdulillah jalan masuk lewat Km 15 sudah tembus dan dicor bagus. Air PDAM juga sudah masuk, mungkin awal minggu depan sudah bisa. Tinggal listrik saja,” tambahnya.

Pihak kampus sudah menyiapkan gardu induk untuk penyambungan. Sayangnya berdasarkan pengamatannya belum ada kegiatan pembangunan transmisi listrik dari jalan tol Km 13 menuju kampus.

Sementara itu, ITK berencana membuka tiga program studi (prodi) baru dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Jika disetujui oleh pusat, tiga prodi itu adalah Teknik Industri, Informatika, dan Teknik Lingkungan. “Dosen juga sudah kami siapkan. Ada tambahan 15 dosen dan juga tambah tenaga kependidikan. Insya Allah sudah siap,” pungkasnya. (*/rsh/tom/k15)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *