Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan membuka pendaftaran Seleksi Mandiri atau yang biasa dikenal dengan SUMMIT (Seleksi Ujian Mandiri Terpadu) ITK. Tidak lolos UTBK 2021 bukan berarti peluang mendapatkan pendidikan di bangku PTN tertutup. Bagi yang masih ingin mencoba, tersedia peluang di Seleksi Masuk Mandiri di Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia dan salah satunya adalah ITK.

ITK kini menghadirkan 20 program studi dari 5 jurusan. Berbeda dengan SUMMIT Tahun sebelumnya, pada tahun ini ITK membuka 3 program studi baru yang hanya dapat diikuti melalui jalur SUMMIT. Berikut 20 program studi jalur Mandiri di Institut Teknologi Kalimantan.

Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi :

  1. Matematika
  2. Informatika
  3. Sistem Informasi
  4. Ilmu Aktuaria
  5. Statistika
  6. Bisnis Digital

Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman :

  1. Fisika
  2. Teknik Perkapalan
  3. Teknik Kelautan
  4. Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Industri dan Proses :

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Kimia
  4. Teknik Industri
  5. Rekayasa Keselamatan

Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan :

  1. Teknik Sipil
  2. Perencanaan Wilayah dan Kota
  3. Arsitektur

Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan :

  1. Teknik Lingkungan
  2. Teknik Material dan Metalurgi

Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D., Mengatakan bahwa 20 Program Studi ini memiliki prospek yang luar biasa di bidangnya masing-masing. “Pada Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi saat ini di indonesia maupun di dunia secara keseluruhan perkembangan teknologi masih sangatlah pesat, sehingga bidang ini sangat-sangat diperlukan. Jumlah tenaga kerja di bidang ini masih sangat di perlukan yaitu antara lain Matematika untuk bidang keilmuan data science dan statistik serta untuk informatika dan sistem informasi. selain itu juga di ITK memiliki prodi Ilmu Aktuaria dimana ilmu ini merupakan aplikasi dari matematika dan statistika untuk bidang ekonomi dan bisnis. kemudian, ada juga prodi Bisnis Digital yang nantinya akan belajar banyak tentang teknologi informasi yang digunakan untuk proses-proses bisnis dan ini mempunyai peluang yang sangat besar baik bekerja di perusahaan, instansi pemerintah maupun di kewirausahaan” ucapnya.

Lalu “Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan prospek kedepannya. Pada bidang ilmu Fisika ini juga sangat menarik seperti geofisika, teknologi material, elektronika, dan beberapa
aplikasi fisika lainnya yang memiliki dasar ilmu dari fisika serta pengembangan keilmuannya. Pada bidang ilmu Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan juga bisa nantinnya berkarir sebagai engineer, termasuk juga di bidang teknologi Offshore dan sebagai arsitektur perkapalan. Sedangkan di Teknologi Pangan sendiri nantinnya akan belajar bagaimana mengolah dari hasil pertanian maupun hasil dari budidaya laut, serta semua produk-produk alam dan teknologinya akan dipelajari lebih banyak di Teknologi Pangan ini” jelasnya.

Kemudian, “Jurusan Teknologi Industri dan Proses ini pada setiap bidang ilmunya memiliki prospek karir di industri-industri. Industri apa saja ? baik itu di industri oil & gas, dan industri yang memerlukan pengembangan dari mesin dan sistem elektronika maupun industri yang bergerak di bidang kimia. kemudian, untuk bidang ilmu Rekayasa Keselamatan memiliki prospek yang luar biasa terutama di kota Balikpapan yang cukup banyak jumlah industrinya, disana sangat memerlukan bidang ilmu rekayasa keselamatan ini, yang nantinnya bidang ilmu ini akan mempelajari bagaimana men-design proses-proses di engineering sebuah industri dengan memperhatikan proses keselamatannya,”tutur Wakil Rektor Bidang Akademik ini.

Pada “Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan ini memiliki prodi-prodi yang bepotensi terutama untuk di ITK dengan adanya Ibu Kota Negara yang akan dipindahkan di Kalimantan Timur. Balikpapan sebagai penopang tentunnya nanti akan sangat membutuhkan ahli-ahli di bidang ini termasuk design aritekturnya, bagaimana merencanakan wilayah dan kota, serta di bidang ilmu teknik sipilnya sendiri.”

Kemudian, pada Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan memiliki prodi yang prospek kerjanya dibutuhkan di industri maupun di dinas lingkungan yang memperlajari bagaimana design dari pengolahan limbah, rehabilitasi alam dan bidang ilmu yang berkaitan dengan lingkungan. kemudian, untuk prodi Teknik Material dan Metalurgi nantinya akan mempelajari bagaimana mengembangkan material-material baru yang dibutuhkan dengan lifestyle yang sekarang ini seperti material polimer, material logam, material komposit. Pengembangan ilmu material ini juga sangat banyak, jadi pada bidang ilmu ini akan mempelajari tentang material dan penggunaannya di beberapa teknologi dan kebutuhan yang ada sekarang ini,”jelasnya.

Untuk pendaftaran SUMMIT ITK tidak perlu memerlukan ujian lagi. Terdapat 2 jalur seleksi penerimaan yaitu :

  1. Jalur Reguler, Cukup hanya mengupload nilai UTBK 2021 atau jika tidak mengikuti UTBK 2021 bisa menggunakan nilai rapor SMA/MA/SMK.
  2. Jalur Kemitraan, Merupakan utusan instansi mitra yang dibuktikan dengan undangan kemitraan dari ITK dan surat keterangan dari Mitra ITK serta memenuhi syarat, memiliki nilai UTBK 2021 atau nilai rapor SMA/MA/SMK.

Yuk! Simak Jadwal Penting Pelaksanaan UTBK di ITK!

  • 01 April – 28 Juni (Pendaftaran SUMMIT, Pilih Jalur Rapor, Upload Dokumen Pendukung & Nilai Rapor)
  • 16 Juni – 28 Juni 2021 (Pilih Jalur UTBK, Upload Dokumen Pendukung UTBK)
  • 03 Juli – 04 Juli 2021 (Pengumuman Hasil Seleksi)

Nah itu tadi informasi yang wajib kamu catat! Buat kamu Mahasiswa yang sudah diterima di ITK melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, kami ucapkan Selamat! dan buat kamu yang belum diterima, jangan patah semangat ya! kami tunggu di SUMMIT 2021 ITK!

Untuk informasi lebih lanjut silahkan akses di laman summit.itk.ac.id

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •