ITK News Office │Berbagi Ilmu (di ITK) Bersama Iluni UI Kaltim

Balikpapan – Sebagai lulusan dari salah satu universitas terbaik di Indonesia, para Ikatan Alumni Universitas Indonesia Wilayah Kaltim (Iluni UI Kaltim) ingin memberikan kontribusi di Bumi Etam dengan melakukan kuliah tamu di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Ahad, 13 November 2016.

Selain dihadiri Ketua Iluni UI Kaltim, Sabri Ramdhany, kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang juga alumni UI yakni Vini Sagitha Putri sebagai Human Resource Development Total E & P Indonesie,  Suryani sebagai Asset Integrity Manager Total E & P Indonesie dan Karlina Sari sebagai Drilling Engineer Total E & P Indonesie. Mereka berbagi ilmu dan pengalaman masing-masing yang berkaitan dengan teknologi, industri dan pengembangan SDM.

Sabri Ramdhany mengatakan, kegiatan ini bagian dari rangkaian kegiatan Kuliah Tamu di sembilan perguruan tinggi yang bertajuk Bakti ILUNI UI untuk Bumi Etam, yang merupakan wuud pengabdian dari Alumni UI dalam pengembangan SDM khususnya di Kaltim.

Kegiatan ini telah dimulai 24 Oktober 2016 lalu dan akan berakhir 26 November mendatang. Sembilan perguruan tinggi tersebut di antaranya, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Universitas Mulawarman, Sekolah Tinggi Teknik Migas Balikpapan, Politeknik Negeri Balikpapan, STIE Madani Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Trunajaya, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang (STTIB) dan Sekolah Tinggi Teknologi (STITEK) Bontang.

“Tujuannya adalah untuk mewujudkan misi pengabdian kepada masyarakat dan berkontribusi terhadap pembangunan wilayah di mana ILUNI UI berada, membangun kerja sama antara industri dan institusi pendidikan serta forum transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman,” kata Sabri.

Sabri berharap, dengan diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini diharapkan SDM di Kaltim mampu bersaing dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan daerah lain, karena kunci keberhasilan pembangunan suatu daerah salah satunya adalah kualitas SDM-nya.

Sementara itu Suryani menjelaskan pentingnya memberikan pemahaman kepada mahasiswa yang masih kuliah agar ke depan memahami tentang pengaplikasian teori-teori yang diberikan saat di kampus untuk dilakukan di dunia kerja nyata nantinya. “Ini kesempatan yang baik dengan hadirnya ITK di Kaltim,” ujarnya.

  • Terpisah, Fauzan, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro ITK memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dari narasumber yang hadir. “Saya berharap ITK semakin dikenal masyarakat, khususnya di Kalimantan dan dapat mencetak alumni yang berkompeten dan berkualitas,” katanya.

Kaltim Post, 14/11/2016