Balikpapan – Ahmad Ridho Akranata kerap dipanggil Edho merupakan alumni Teknik Material dan Metalurgi (TMM) ITK 2013, aktif sebagai Product Development Engineer di PT Komatsu Remanufacturing Asia, alumni ITK satu ini menyempatkan diri untuk memasuki dunia baru dengan menulis sebuah buku berjudul “The journey in campus”, sebuah buku non fiksi bertemakan tips dan trik menjalani kehidupan perkuliahan.

Dilatar belakangi oleh kegelisahannya akan banyaknya mahasiswa yang masih awam mengenai dunia kampus Edho menulis buku ini dengan tujuan untuk memberikan gambaran kecil kepada mahasiswa agar mereka mengetahui apa saja yang akan mereka hadapi di kampus sejak awal sehingga mereka bisa mempersiapkan diri untuk meraih hasil yang maksimal untuk kemajuan bangsa, “Saya masih teringat kata kata senior saya dulu, dia pernah bilang bahwa seseorang dinyatakan sukses saat dia bisa mempersiapkan generasi selanjutnya lebih baik daripada dia, untuk itulah saya tergerak untuk mewujudkan keinginan saya menulis buku ini” Ucap Edho.

Memakan waktu 3 sampai dengan 4 bulan penulisan Edho mengaku merasa senang akan prosesnya, “Awalnya karena dulu saya emang suka berbagi kepada adek adek kelas saya karena saya sudah lulus suatu ketika muncul di pikiran saya untuk tetap memberikan manfaat kepada generasi-generasi penerus walaupun tidak seberapa berpengaruh. Lalu ada teman yang menyarankan untuk membuat buku dan yang terlintas di pikiran saya temanya ya tentang apa saja yang ditemui selama kuliah karena saya memiliki sedikit pengalaman” Ungkap Edho.

Dalam proses penulisan buku ini Edho mengaku tidak mudah karena baru pertama kali terjun ke dunia penulis, “Saya tidak punya basic sama sekali jadi saya hanya modal keberanian dan keinginan mencoba sesuatu hal yang baru. Kesulitannya dalam mencari editor dan penerbit karena penerbit di Kalimantan ini saya belum bisa menemukan jadi dapat penerbit di jawa. Waktu masuk editor pun ada teman saya yang memberikan link editor Alhamdulillah ketika masuk editor naskah saya dikritik habis-habisan dan saya senang karena itu saya mendapatkan banyak ilmu baru dikarenakan keberanian saya mencoba sesuatu yang baru. Hingga akhirnya sampai pada sekarang karya pertama saya yang tidak seberapa ini terbit. Semoga bisa memberikan sedikit manfaat bagi para pembacanya” Ujar Edho.

“Harapannya dengan adanya buku ini saya sebagai alumni bisa memberikan bantuan kepada calon-calon mahasiswa baru atau pada mahasiswa dengan cara berbagi sedikit pengalaman lewat tulisan” terang Edho.

 

*Buku ini bisa didapatkan dengan menghubungi penulis:

Ig: @akranata_edo

WA: 081258514410

Humas|ZTN

 

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •