Balikpapan – Semangat tak kenal lelah terus terpancar dari tenaga pendidik (dosen) Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Imbauan tugas belajar yang diprogramkan oleh pimpinan ITK berangsur-angsur mulai terealisasi guna menunjang peningkatan kualitas dosen-dosen ITK. Pada September 2016 misalnya, dua dosen muda ITK, berangkat tugas belajar ke luar negeri untuk mengambil Program Doktoral (S-3). Mereka adalah Happy Aprilia dan Adi Mahmud Jaya Marindra. Keduanya adalah Dosen Teknik Elektro ITK. Happy Aprilia berangkat ke National Cheng Kung University, Taiwan. Sementara Adi Marindra berangkat ke Newcastle University, Inggris.

Keduanya mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Seperti diketahui, masa belajar Program Doktoral membutuhkan waktu minimal 3,5 tahun. Setelah itu keduanya akan kembali mengajar di ITK, mengabdi, mengaplikasikan ilmu yang didapatkan kepada mahasiswa dan masyarakat. Tidak saja untuk kemajuan pendidikan di Kalimantan, tetapi juga Indonesia.

Adi Mahmud Jaya Marindra, lulusan Master dari King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang, Bangkok ini menjelaskan bahwa motivasi untuk lanjut belajar S3 adalah karena ilmu Teknik Elektro sangat luas dan ingin mendapatkan ilmu lebih dari kampus yang terbaik. Dia menargetkan lulus 4 tahun dan akan segra kembali ke ITK. Dosen muda asli Penajam Paser Utara ini memfokuskan studi pada Wireless communication, Antennas and propagation, dan Radio Frequency Electronics.

Begitupun dengan Happy Aprilia, Dosen lulusan Master dari Asian Institute Of Technology, Thailand ini mengakui bahwa berangkat S3 ke Taiwan adalah keinginannya karena usia masih muda, dapat beasiswa serta ilmu yang dia dapatkan dapat berguna untuk ITK dan Masyarakat.

Selain Happy dan Adi, ada juga Dosen Teknik Elektro lainnya, Murman Dwi Prasetio yang pada April 2016 lalu melanjutkan studi di Hiroshima University, Jepang. Murman mengambil fokus pengelolaan sinyal untuk rekognisi suara dalam Laboratorium Cybernetics.

Selamat berjuang para pejuang pendidikan!

ITK: Kebanggaan Indonesia!

Reo Surya, RJP untuk Humas ITK