PRODI TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI

Kunjungi Website Prodi Teknik Material dan Metalurgi

Berita Prodi Teknik Material dan Metalurgi

Belum Tersedia

Silahkan coba lagi dalam Beberapa Waktu

Sejarah

Program Studi Teknik Material dan Metalurgi didirikan pada tahun 2013 sebagai salah satu Program Studi di Institut Teknologi Kalimantan sebagai salah satu program studi di bawah Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan. Koordinator Program Studi pertama adalah Yunita Triana, S.Si. M.Si dengan jumlah mahasiswa angkatan 2013 sebanyak 11 orang. Namun, kegiatan akademik belum berjalan optimal karena gedung perkuliahan di Balikpapan masih dalam masa pembangunan, keterbatasan pengajar di bidang Material dan Metalurgi dan fasilitas laboraturium, sehingga pada saat itu mahasiswa dititipkan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) hingga tahun 2015. Secara resmi, Program Studi Teknik Material dan Metalurgi memiliki izin pendirian berdasarkan SK Dirjen Dikti 65/M/Kp/III/2015 tertanggal 20 Maret 2015 yang ditandatangani oleh Bapak Patdono Suwignjo. Hingga tahun 2018, Perkembangan jumlah penerimaan mahasiswa pada tahun 2014 sebanyak 9 orang, angkatan tahun 2015 sebanyak 46, angkatan 2016 sebanyak 79, angkatan 2017 sebanyak 82 orang, dan 2018 sebanyak 86 orang. Sejak saat itu, kegiatan belajar mengajar berjalan secara kontinu dan konsisten dengan jumlah rata-rata mahasiswa baru sebesar 80 orang. Pada tahun 2018 Teknik Material dan Metalurgi terakreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No.859/K/BAN-PT/ Akred/S/III/2018.

Visi

Menjadi program studi yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang rekayasa material dan metalurgi di wilayah Kalimantan pada tahun 2025.

Misi

1. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang rekayasa material dan metalurgi.

2. Menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam bidang rekayasa material dan metalurgi serta berbudi pekerti luhur sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

3. Membangun kerja sama di bidang rekayasa material dan metalurgi dengan pemangku kepentingan di tingkat regional dan nasional.

Dosen dan Tenaga Pendidik

Andromeda Dwi Laksono, S.T., M.Sc.

NIPH. ‭-

Jatmoko Awali, S.T., M.T.

NIPH. 

Rifqi Aulia Tanjung, S.T., M.T.

NIPH. –

Yunita Triana, S.Si., M.Si

NIPH. –