ITK News Office │ SNMPTN 2017

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2017. SNMPTN adalah jalur pertama masuk ITK yang pelaksanaannya dilakukan selama periode Januari sampai April 2017.

Berikut jadwal SNMPTN 2017 berdasarkan data yang diterima dari Panitia Pusat SNMPTN 2017 Kemenristekdikti:

  • Pengisian PDSS             : 14 Januari – 10 Februari 2017
  • Verifikasi PDSS             : 15 Januari – 12 Februari 2017
  • Pendaftaran SNMPTN             : 21 Februari – 6 Maret 2017
  • Proses Seleksi             : 16 Maret – 15 April 2017
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 26 April 2017

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru yang disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014, ITK menawarkan 10 pilihan program studi, yaitu Matematika, Sistem  Informasi, Fisika, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Material dan Metalurgi.

Ketua Panitia SNMPTN ITK yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan mengatakan ITK akan menerima 1000 mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2017/2018 ini. “Minimal 300 di antaranya akan berasal dari jalur SNMPTN,” ujar doktor bidang Matematika ini.

Sejak 2015 warga akademik ITK sudah menempati kampus yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Lokasi ITK dikelilingi lingkungan yang masih asri sehingga mendukung suasana belajar. Tidak jauh dari ITK terdapat Kebun Raya Balikpapan (KRB) dan Hutan Lindung Sungai Wein.

Meskipun baru berusia dua tahun, Kampus ITK sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung perkuliahan, seperti ruang kelas yang nyaman dilengkapi Air Conditioner (AC), proyektor dan layar presentasi, white board, meja kursi portabel, dan pendukung audio.

Saat ini ITK telah memiliki dua gedung perkuliahan yang dilengkapi dengan koneksi internet nirkebale  (Wifi) gratis, lahan parkir yang luas, taman kampus, fasilitas olahraga, perpustakaan, laboratorium. Laboratorum yang saat ini ada seperti Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Kimia, Laboratorium Teknik Sipil, Laboratorium Teknik Elektro, dan Laboratorium Teknik Mesin.

Terdapat tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) yakni UPT Teknologi Informasi, UPT Perpustakaan, dan UPT Bahasa. Ada juga Aula Serbaguna, dan Gedung Auditorium. Selain itu terdapat Masjid dan satu gedung lagi yang masih dalam tahap pembangunan.

Selain SNMPTN, ITK juga membuka peluang untuk mendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilaksanakan pada Mei hingga Juli 2017. Selain dua jalur dari pemerintah, ITK juga membuka penerimaan melalui jalur Ujian Mandiri (UM-ITK) yang pelaksanaannya pada Juli hingga Agustus 2017.

ITK juga menawarkan sejumlah beasiswa seperti Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bidik Misi, Beasiswa Sobat Bumi Pertami, Beasiswa Bank Indonesia, dan lainnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ITK dan jalur penerimaannya, dapat mendatangi langsung Kampus ITK Balikpapan di Jalan Soekarno Hatta KM. 15, Balikpapan Utara, Kaltim.

Atau menghubungi kami melalui layanan Telpon: 0542-8530801, Fax: 0542-8530800, Email: humas@itk.ac.id. Website: itk.ac.id

Atau melalui akun media sosial resmi: Instagram: @itk_official, Fanpage Facebook: Institut Teknologi Kalimantan, Twitter: @ITKalimantan, Official Account Line: @jtn8638f

“ITK memprioritaskan calon mahasiswa yang memilih ITK sebagai pilihan pertama. Buat apa jauh-jauh kuliah di Jawa kalau di Kalimantan sudah ada perguruan tinggi terbaik. Ayo daftar ke ITK dan jadilah kebanggaan Indonesia,” kata Ketua Panitia SNMPTN ITK yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan.

–end—

Humas ITK

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •