Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan kembali menggelar upacara pelantikan Pegawai Negeri sipil pada Selasa (12/01). Diselenggarakan ditengah pandemi, membuat upacara pelantikan kali ini berbeda dengan upacara-upacara pelantikan yang dilakukan sebelumnya. Apabila upacara pelantikan sebelumnya dihadiri secara langsung oleh peserta, acara kali ini juga dihadiri secara virtual. Dari total 72 orang PNS yang dilantik, hanya 9 orang yang menghadiri secara langsung di Gedung A ITK. Sementara yang lain, hadir melalui video telekonferensi.

Sebanyak 72 orang PNS yang terdiri dari 63 dosen asisten ahli dan 9 orang tenaga kependidikan, dilantik dan diambil sumpah secara langsung oleh Rektor ITK, Prof. Budi Santosa Purwokartika, Ph.D secara virtual. Dalam pengambilan sumpah, disaksikan pula oleh para rohaniawan yang hadir secara langsung di lokasi. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si, Ph.D., dan Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik, Dr. Muhammad Mashuri, M.T, yang seluruhnya hadir melalui video telekonferensi.

Pada sambutannya, Rektor ITK menyampaikan selamat kepada PNS yang dilantik, sekaligus terima kasih kepada Wakil Rektor II atas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar) yang telah dilakukan. Dengan dilantiknya Pegawai Negeri Sipil baru di lingkungan ITK, Prof. Budi berharap dapat membawa manfaat bagi kemajuan ITK dan bangsa, “Dengan SDM yang berposisi sebagai PNS ini, kami berharap bapak dan ibu dapat bekerja dengan rasa nyaman, sungguh-sungguh, dan bersemangat untuk kemajuan ITK dan bangsa”.

Profesor di bidang data mining ini pun berpesan, agar para PNS yang dilantik menjaga marwahnya dengan menjaga sikap dan perilaku. Ia berharap seluruh PNS dapat mewujudkannya melalui perilaku yang jujur, bertanggung jawab, serta melayani dengan penuh dedikasi. Dengan demikian, ia berharap akan terwujud kinerja baik dari tenaga kependidikan dan para dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Senada dengan Prof. Budi, Wakil Rektor I Bidang Akademik juga menyampaikan harapan agar para dosen dan tenaga kependidikan yang dilantik dapat menjaga amanah dalam menjalankan tugas, sesuai dengan sumpah janji yang telah diucapkan.

Sementara itu, Wakil Rektor II mengajak para PNS yang dilantik untuk mensyukuri pencapaiannya. Menurut Dr. Muhammad Mashuri, rasa syukur atas pencapaian dapat diwujudkan dengan memaksimalkan kinerja yang dapat memberikan manfaat bagi ITK, khususnya, juga bagi bangsa dan negara, umumnya. “Saya doakan kedepannya dapat melaksanakan aktifitas dengan baik. Dengan begitu, akan memberikan citra yang positif bagi ITK,” ujar Bidang Non-Akademik tersebut.