BALIKPAPAN – Ratusan calon penerima beasiswa Balikpapan mengantri memasukan berkas di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kota Balikpapan di jalan Kapten Piere Tendean, Gunung Pasir kota Balikpapan. Kurangnya petugas loket yang disiapkan oleh BPSDM membuat antrean mengular hingga ke badan jalan. Ruang tunggu yang hanya berukuran sekitar 4×4 meter tidak mampu menampung pendaftar.

“Ada ruang tunggu tapi hanya muat 10 orang saja. Kita sudah antri sejak jam 9 pagi, baru dipanggil jam 1an. Apalagi cuaca panas dan bulan puasa. Harusnya buka bayak loket. Panitian seperti tidak siap antisipasi peserta yang membludak banyak,”tegas Damanik, salah satu calon penerima Beasiswa BPSDM kota Balikpapan kepada klikbalilkpapan.co, Senin (22/6/2015)

Damanik menjelaskan mekanisme pendaftaran beasiswa adalah para calon penerima beasiswa harus memasukan berkas beasiswanya terlebih dahulu ke petugas loket, kemudian berkas tersebut dilakukan pemeriksaan oleh petugas sambil calon peserta menunggu antrean untuk dipanggil oleh petugas loket. Namun, peserta tidak diberikan nomor antrean.

“Ini yang masalah karena ada beberapa calon peserta yang baru datang tiba tiba sudah dipanggil. Sementara kita sudah berjam jam antri tapi belum dipanggil. Harusnya gunakan nomor antrean,”jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan calon penerima Beasiswa Balikpapan, Putri bawah dengan jumlah 10 petugas loket jaga yang disediakan oleh BPSDM sangat tidak sebanding dengan jumlah pendaftar ratusan orang. Apalagi dari pengumuman yang diterima sebanyak 2.900 orang.

“Mereka tidak perhatkan kondisi pendaftar yang sudah antre berjam jam. Apalagi orang tua banyak juga yang masukan berkas anaknya. Kan kasian. Loketnya harus ditambah biar cepat. Apalagi ini bulan puasa,”ujarnya.

Dari pantauan klikbalikpapan.co tampak sebagian peserta memilih duduk melantai di bawah pohon menghindari panas matahari sembari menunggu nama mereka dipanggil petugas loket BPSDM. Selain itu, banyak orang tua peserta calon penerima beasiswa ikut mengantre memasukan berkas. Pasalnya anak mereka kuliah diluar kota Balikpapan dan tidak sempat hadir memasukan berkas. Pendafataran calon penerima beasiswa dilakukan mulai pukul 09.00 hingga 14.00 wita.

Perlu diketahui, tahun 2015 ini, Pemkot Balikpapan membuka lowongan beasiswa stimulan untuk 2.906 mahasiswa asal Balikpapan. Ribuan beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa dengan jenjang strata mulai dari Diploma III (D3) sampai jenjang Doktor (S3).

sumber : klikbalikpapan.co