Pada 5 Agustus 2020 tim Braco dari Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan  melaksanakan Pelatihan Teknis Produksi Kaldu Bubuk Kepiting di Masyarakat Keluruhan Kariayangau RT 3 Kota Balikpapan. BRACO itu sendiri adalah sebuah produk kaldu bubuk kepiting yang berguna sebagai bahan tambah penguat rasa kepiting untuk olahan makanan. Bubuk kaldu kepiting BRACO terbuat dari ekstraksi cangkang kepiting dan bumbu tambahan lainya yang diolah dengan teknologi makanan serbuk.

“Braco itu sendiri adalah suatu produk kaldu kepiting yang berguna sebagai penambah atau penguat rasa pada makanan, biasanya digunakan di snack, sayur dll. Braco ini telah kami riset sejak 2018 pada saat kami mengikuti ajang PKM” tegas Zulfadli dari Teknik Material dan Metalurgi  2015.

Bermula dari Kegiatan  Program Kreatifitas Mahasiswa  atau yang dikenal dengan PKM, tim BRACO yang di prakarsai oleh Ghifari Teknik Kimia 2016 sebagai Ketua Tim. Diana Matematika 2017, Anggara Mesin 2018 dan Aditya Perkapalan 2017. mengadakan riset pada tahun 2018.  Kemudian dari hasil riset tersebut mereka implementasi di daerah Masyarakat Keluruhan Kariangau RT 3  Kota Balikpapan.

“Kegiatan yang kami lakukan adalah pengembangan sumber daya di Masyarakat Kariangau RT 3 Balikpapan untuk memproduksi kaldu bubuk kepiting dengan harapan  program ini dapat meningkatkan dan mensejahterahkan masyarakat pesisir khususnya Kariangau RT 3” ucap Zulfadli.

Sebagai upaya dalam peningkatan perekonomian masyarakat pesisir di Kota Balikpapan, Program ini adalah bentuk kerjasama antara PT. Pertamina Integrated Terminal Balikpapan, Institut Teknologi Kalimantan dan Desa Selok Oseng.  Zulfadli pun berharap bahwa program peningkatan perekonomian ini dapat terus berjalan sehingga ia bisa memberikan impact yang baik untuk masyarakat sekitar.

“harapan kami adalah  program ini bisa berkesinambungan dan berjangka panjang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir dan pesan saya untuk mahasiswa ITK bisa tertarik mengikuti kegiatan seperti ini, karena kegiatan ini sangat seru dan teman-teman bisa menerapkan  ilmu atau kompetensi kepada masyarakat sekitar kampus ITK Karang Joang. Kami berhara semoga ITK semakin memberikan banyak pengaruh dan perubahan  yang baik di Kota Balikpapan” imbuh Zulfadli.

KNK| Tim Humas