Balikpapan – Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan kuliah tamu “Analisis Big Data dengan Program R” pada Kamis, 20 Oktober 2016. Kuliah disampaikan oleh Prof. Dr. rer nat. Dedi Rosadi, S.Si., M.Sc yang merupakan pakar ekonometrika─ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika─sekaligus Dosen Ilmu Statistika dari Universitas Gadjah Mada.

Dihadapan mahasiswa Matematika ITK, Dedi menekankan pentingnya seorang analisis data dalam sebuah perusahaan. Dia mula-mula menunjukkan melalui situs pencari kerja, bahwa alumni Matematika dan Statistika banyak dibutuhkan di sektor penganalisaan data.

Dosen yang suka jalan-jalan dan fotografi ini memaparkan, sebuah perusahaan ketika membuat keputusan bisnis selalu mempertimbangkan berbagai disiplin ilmu, seperti ekonomi, sistem informasi, matematika, statistika, bahkan hukum. Ilmu statistika dan matematika khususnya, berperan dalam pengolahan data. “Data besar yang dimiliki perusahaan akan sangat membebani kinerja jika tidak diolah menjadi informasi-informasi spesifik yang berguna,” ujarnya.

Dosen lulusan S2 Belanda, dan S3 Austria ini juga menyarankan bahwa menjadi mahasiswa matematika jangan terlalu serius, bahkan beliau juga berkata “kuliah jangan sampai mengalahkan jalan-jalan”. Beliau juga bertutur bahwa saat kuliah S3 beliau mendapatkan inspirasi disertasinya ketika mengunjungi suatu tempat yang indah di Eropa.

Sesi kuliah diakhiri dengan demo program R, suatu program statistik yang bisa diperoleh secara gratis tanpa lisensi. Dedi menyarankan untuk menggunakan program ini untuk kebutuhan pengolahan data statistik. Sehingga tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli program yang berlisensi ataupun harus membajak suatu program.

Muhammad Azka untuk Humas ITK