Balikpapan – Program studi Sistem Informasi (SI) Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menggagas webinar series PROXIMA (Procreating Excellence People with Information System) pada Kamis (4/3). Acara yang rencananya digelar dalam 5 series ini menghadirkan berbagai narasumber seperti akademisi, praktisi profesional, serta alumni, sebagai pembicara. Pada series yang pertama, PROXIMA mengusung tema “Karir di Industri Game dan Pameran Pertama Produksi Game Institut Teknologi Kalimantan”.

Pada webinar series perdana tersebut, Prodi SI ITK mengundang praktisi gim dari Agate Academy,Restya Winda Astari. Sementara itu, acara dipandu oleh Dosen Prodi SI ITK, Aidil Saputra Kirsan, S.ST., M.Tr.Kom, sebagai moderator. Acara yang dilaksanakan pukul 11.00-12.5 WITA itu dilakukan melalui video telekonferensi Zoom dan disiarkan di kanal Youtube SI. Acara ini diikuti oleh 102 partisipan yang terdiri dari dosen, mahasiswa ITK, serta mahasiswa dari berbagai universitas lain di Indonesia.

Koordinator Prodi SI, M. Gilvy Langgawan Putra, S.Kom., M.MT, mengatakan PROXIMA dilaksanakan untuk menumbuhkan  dan mengembangkan minat para mahasiswa SI di berbagai bidang. Untuk webinar terkait karir di industri gim, Gilvi berharap para peserta bisa mendapatkan wawasan baru terkait karir di industri tersebut serta dapat meningkatkan minat mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Game dan Animasi Digital.

“SI memiliki bidang minat di bidan entrepreneur digital. Di dalamnya kita mengembangkan wirausaha di bidang game. Harapannya dengan narasumber dari Agate dapat memperkenalkan karir di industri game dan meningkatkan minat di mata kuliah pengembangan game dan animasi digital,” jelasnya.

Pemilihan tema dalam webinar tersebut juga dilatarbelakangi oleh data statistik pada tahun 2020 yang menunjukkan adanya peningkatan pada industri gim itu sendiri. Menurut Gilvy, hal tersebut menjadi peluang bagi para mahasiswa untuk mendalami bidang game. Ia berharap, akan banyak mahasiswa yang mendalami serta nantinya terjun ke dalam industri ini.

“ Ini merupakan opportunity bagi rekan mahasiswa untuk mendalami bidang game. Baik industri game indie maupun harapannya di industri game internasional. Karena berdasar waktu kuliah dulu, industri game internasional sudah masuk juga di Indonesia”.

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •