Seminar Nasional “Renewable Energy: Energizing Indonesia” sebagai penutup rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-1 Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah diselenggarakan pada tanggal 6 Oktober 2015 di Gedung Kesenian Balikpapan. Seminar nasional itu menghadirkan Dr. Aris Yunanto, S.TP, MSE. (Direktur Utama PT Energy Management Indonesia) sebagai pembicara yang menyampaikan materi dengan tema “Outlook Energi Terbarukan Indonesia: Potensi dan strategi pemanfaatannya” dan Dr. Edi Himawan, M.Eng. (Kepala Divisi Konversi Energi Pusat Teknologi Riset dan Teknologi Terbarukan dan Implementasi Kebijakan Konversi Energi BPPT) yang mengangkat tema “Perkembangan riset dan teknologi terbarukan dan implementasi kebijakan konversi energi”. Selain peserta dari kalangan praktisi dan industri di Kalimantan Timur, seminar juga dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemprov Kalimantan Timur, Pemkot Balikpapan, serta kalangan mahasiswa dan pelajar.

Dalam sambutannya, Rektor ITK Prof. Dr. ir. Sulistijono, DEA menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap pihak atas dukungannya, baik untuk acara seminar nasional maupun untuk sejumlah acara/ kegiatan lain dalam rangkaian Dies Natalis ke-1 ITK, termasuk sponsor. Dikatakan pula bahwa meskipun usia ITK baru setahun dan merayakan seluruh kegiatan dapat diselenggarakan dengan sukses. Seperti diketahui, selain seminar nasional, Dies Natalis ke-1 ITK juga disemarakkan dengan berbagai lomba olahraga dan seni antarcivitas akademika, photo contest, Olimpiade Saintek, Fun Bike, Lomba Esai antar-SMA se-Kaltim, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, dan sejumlah kegiatan lainnya.

 

Lebih jauh Sulistijono juga menyampaikan tentang krisis energi fosil yang tidak terbarukan, yaitu minyak bumi. Oleh karena itu energi fosil beralih ke pilihan batubara. “Oleh karena dunia mulai beralih pada opsi energi fosil yang notabene akan habis, maka dunia harus diarahkan pada energi baru dan terbarukan seperti tenaga angin, biofuel, tenaga air, dan nuklir”. Demikian disampaikan dalam salah satu bagian sambutannya. Selanjutnya Sulistijono berharap ITK dapat berkontribusi dalam krisis energi fosil minyak bumi dengan cara berhemat energi dan memanfaatkan energi alternatif. Pemanfaatan energi altenatif itu dapat dilakukan dengan rekayasa tenaga angin, tenaga matahari, air, dan biomassa menjadi sumber pembangkit listrik. Pada sisi lain, ITK diharapkan dapat mengembangkan kurikulum dengan memasukkan energi alternatif/renewable serta mengarahkan riset dan pengabdian kepada masyarakat pada pengembangan energi baru dan terbarukan.

Selain seminar, acara yang sekaligus sebagai penutup kegiatan Dies Natalis itu juga disemarakkan dengan pameran foto yang bertemuan “Pengembangan Potensi Daerah” dan penyerahan hadiah sejumlah kompetisi dalam rangka dies natalis. Berikut adalah daftar pemenang/juara kompetisi dalam rangka Dies Natalis ke-1 ITK Tahun 2015.

Juara Favorit: Akun Instagram @mochammedfiqhidz Juara II: Muhammad Fadli (Gunung Prau) Juara III: Muhammad Iqbal (Panen Sawi) Juara II: Praditya Khrisna Utama (SMAN 1 Balikpapan) Juara III: Muhammad Habibulloh Rosyadi (SMAN 10 Samarinda) Juara II: Aveni Christy Keintjem (Fisika) Juara III: Rijal Surya Rahmany (Teknik Mesin) Harapan I: M. Efrizal Gozali (Teknik Elektro) Harapan II: David Samuel Haloho (Teknik Elektro) Harapan III: Ammar Farhan Rayudi (Teknik Material dan Metalurgi)

Juara Favorit: Akun Instagram @mochammedfiqhidz

Juara FavoritAkun Instagram @mochammedfiqhidz

Juara II: Muhammad Fadli (Gunung Prau)

Juara II: Muhammad Fadli (Gunung Prau) Juara III: Muhammad Iqbal (Panen Sawi)

Olimpiade Saintek Juara I : Kelompok “Karya” (SMAN 10 Samarinda)
Juara II : Kelompok “Yoman” (SMAN 1 Balikpapan)
Juara III : Kelompok “Muhammad Gismin” (SMAN 10 Samarinda)
Photo Contest
Kategori Gadget Juara Utama : Akun Instagram @fikriadhn
Juara Favorit : Akun Instagram @mochammedfiqhidz
Kategori Profesional Juara I : Faisal Johan (Peternak Ayam Bebek Alabio)
Juara II : Muhammad Fadli (Gunung Prau)
Juara III : Muhammad Iqbal (Panen Sawi)
Lomba Esay Juara I : Christy Rainam S. Mamesah (SMAN 10 Samarinda)
Juara II : Praditya Khrisna Utama (SMAN 1 Balikpapan)
Juara III : Muhammad Habibulloh Rosyadi (SMAN 10 Samarinda)
Pemilihan Mawapres ITK Juara I : Brantianus Yakobus (Teknik Sipil)
Juara II : Aveni Christy Keintjem (Fisika)
Juara III : Rijal Surya Rahmany (Teknik Mesin)
Harapan I : M. Efrizal Gozali (Teknik Elektro)
Harapan II : David Samuel Haloho (Teknik Elektro)
Harapan III : Ammar Farhan Rayudi (Teknik Material dan Metalurgi)
Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •