Balikpapan – Ratusan sivitas akademika Institut Teknologi Kalimantan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa mengikuti webinar Industri Hulu Migas yang diselenggarakan pada Kamis (18/02) melalui video telekonferensi. Webinar ini diselenggarakan atas kerjasama Satuan Kerja Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul), Kontraktir Kerja Sama (KKKS) Wilayah Kaltim, serta ITK. Kegiatan ini merupakan agenda rutin SKK Migas yang dilakukan di universitas yang ada di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Kepala SKK Migas Kalsul, Syaifudin, berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah dalam berebagi informasi dan pengetahuan mengenai indutri migas kepada seluruh dosen dan mahasiswa ITK. Pemahaman yang didapatkan peserta terkait kegiatan pengelolaan industri hulu migas pun nantinya diharap dapat disebarluaskan. Tidak hanya itu, Syaifudin pun menuturkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi sarana transfer pengetahuan pengalaman dunia kerja kepada mahasiswa ITK.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat turut memberikan bekal bagi adik-adik mahasiswa memasuki dunia kerja setelah lulus nanti,” tutur Syaifudin.

Senada dengan Syaifudin, Rektor ITK, Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.d., pun menyatakan harapan serupa dalam sambutannya. Ia berharap informasi terkait industri migas yang disampaikan dalam webinar tersebut dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa yang ingin berkarir di industri migas.

“Mudah-mudahan adik-adik nanti lebih mengenal industri minyak, proses bisnis maupun organisasi di Pertamina. Sehingga dapat memperoleh gambaran yang jelas misalkan ingin bergabung dengan Pertamina maupun ingin mendirikan perusahaan yang berpartner dengan Pertamina,” harapnya.

Menutup sambutannya, Rektor ITK yang dilantik pada 2018 lalu ini pun berharap kerjasama anatar ITK dan SKK Migas dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan. Dengan demikian, masing-masing pihak bisa mendapatkan manfaat dari kerjasama yang dilakukan.

Kegiatan yang dimulai pada 09.00 WITA ini diisi oleh sejumlah materi yang disampaikan oleh pihak SKK Migas. Materi pertama webinar adalah tips dan trik wawancara saat pandemi yang disampaikan oleh Manager Human Capital PT Pertamina Hulu Sanga Sanga, Abimanyu Suryadi. Materi kedua membahas mengenai tantangan keamaan siber di perusahaan pada masa pandemi. Materi ini disampaikan oleh Senior Analyst IT Security Architecture PT Pertamina Hulu Kaltim, Firar Artanang Widayat. Sementara materi terakhir, terkait personal development yang disampaikan oleh Industrial Relation & OS Management Analyst PT Pertamina EP Asset 5, Hary Kuswanto.

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •