Balikpapan – Pada Minggu, 6 Desember 2020 Rektor ITK Prof. Ir. Budi Santosa, M. Sc., Ph. D., Wakil Rektor ITK Bidang Akademik Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D, beserta 2 dosen ITK mengujungi beberapa KBMI dan PHP2D Terdanai mahasiswa ITK. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat perkembangan beberapa program mashasiswa yang masih dijalankan hingga sekarang.

Kunjungan dimulai pagi hari dan diawali dengan mendatangi Yoi Akuakultur yang mengangkat usaha investasi berbasis syariah di bidang budidaya kepiting. Investasi yang dilakukan tim ini terletak di Solok Api Darat, Samboja, Kutai Kartanegara. Yoi Akuakultur bekerjasama untuk mengolah tambak kepiting milik warga setempat dalam manajemen dan administrasi. Hingga saat ini, tambak yang dikelola adalah tambak yang cukup unggul dibanding tambak lain. Zulfadli selaku pengurus Yoi Akuakultur mengatakan “Ke depan akan ada rencana perluasan kerja sama dengan tambak lain apabila tambak yang dikelola sekarang telah memperlihatkan hasil yang cukup maksmial”.  Selain manajemen, banyak peluang yang dapat dijadikan riset yang dapat menjadi nilai ekonomis oleh mahasiswa. Seperti yang dikatakan pihak tambak bahwa “lahan di daerah ini ada, akan tetapi sumber daya bibit dan manusia tidak ada” Untuk itu, mahasiswa ITK dapat mengembangkan masalah pembibitan yang masih di impor atau masalah limbah dari tambak.

Pagi menjelang siang, rombongan ITK mengunjungi Verticrab.co yang terletak di Manggar Sari, Balikpapan. Verticrab.co menawarkan budidaya kepiting soka menggunakan budidaya vertikal yang dilengkapi teknologi RAS (Resirculation Aquaculture System). Budidaya ini dilakukan untuk melihat perbandingan budidaya konvesional (horizontal) dan vertikal dari Verticrab.co. Hasilnya ialah budidaya yang dilakukan dengan vertikal dapat menjadi salah satu cara budidaya kepiting dan juga menghemat lahan. Sabtu, 5 Desember 2020 bertepat 1 hari sebelum kunjungan Verticrab.co berhasil menjadi Juara 3 KMI Awards: Kategori KBMI Sub Kategori 4, Industri Produksi dan Budidaya. Tri selaku ketua Verticrab.co mengatakan “harapannya Verticrab.co dapat mengembangkan programnya dari 75 tempat menjadi 200 tempat”. Wakil Rektor ITK menambahkan “inovasi yang ada sekarang semoga dapat diterapkan di ITK sehingga dapat membangun budidaya berbasis teknologi di kampus”. Rektor ITK juga berpesan “kita sebagai akademisi dapat menjadi proaktif budidaya kepiting dan pemerintah mewadahi riset sehingga Balikpapan dapat menjadi pusat budidaya kepiting khususnya Kepiting Soka”

Untuk kunjungan berikutnya sekaligus beristirahat, para rombongan mengunjungi program PHP2D mahasiswa di Kariangau, Balikpapan Barat yaitu Kampung Nelayan Berdasi. Kampung Nelayan berdasi telah menjalin kerja sama dengan PT. Pertamina (Persero) Balikpapan, mahasiwa ITK melakukan pengabdian pada kampung tersebut untuk membina masyarakat dengan memanfaatkan potensi dan memberi inovasi agar produk yang dihasilkan memiliki nilai jual tinggi. Inovasi yang dilakukan berupa edukasi kepada masyarkata tentangn pengemasan dari hasil olahan budidaya perikanan yang ada sehingga mengahsilakn nilai jual tinggi. Selain itu, dilakukan budidaya ikan kecil yang baru di impor dari tempat lain mejadi 3 wadah sebelum diletakkan di tempat danau kecil yang menjadi tempat pemancingan. Pengeolola kampung tersebut mengatakan bahwa masalah yang ada di sana sama seperti tambak kepiting yaitu pembibitan yang masih di impor dari luar.

Menikmati waktu sore hari di akhir pekan, kunjungan terakhir rombongan ITK adalah Bams Coffe yang terletak di Muara Rapak, Balikpapan Utara. Kafe yang telah jalan dari tahun lalu ini mengedepankan inovasi kolaborasi kopi dan sumber daya alam di Balikpapan. Salah satu produk unggulannya adalah kopi buah naga yang diajukan pada KBMI. Bams Coffe juga menggunakan wadah yang dapat dipakai berulang kali apabila pelanggan ingin membawa pulang pesanan mereka. Apabila ingin menikmati sajian langsung di kafe, maka wadahnya gelas kaca sehingga mengurangi pencemaran lingkungan. Selain beragam menu unik, Bams Coffe juga memiliki tempat yang estetik untuk mengabadikan momen atau sekedar bersantai di akhir pekan.

Tim Humas | MAN

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •