Surabaya – Kamis 25 Juni 2015, bertempat di Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), merupakan momen yang tak terlupakan bagi sivitas akademika Institut Teknologi Kalimantan (ITK), sebuah perguruan tinggi negeri(PTN) baru yang dibidani oleh ITS. ITK yang berlokasi di Balikpapan Kalimantan Timur ini, telah dipersiapkan selama tiga tahun oleh Tim Pelaksana Harian (TPH) ITK yang diketuai Prof. Sulistijono, yang saat ini menjabat sebagai Rektor ITK.

Diawali dengan pembacaan sinopsis pendirian ITK oleh Dr. Ismaini Zain, tercatat bahwa jumlah mahasiswa ITK saat ini mencapai hampir 250 orang yang sampai saat ini mengikuti perkuliahan di ITS. Mayoritas mahasiswa tersebut merupakan penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) dari Pemprov Kalimantan Timur.

Prof. Joni Hermana selaku Rektor ITS memberikan sambutan dalam acara serah terima mahasiswa ITK. Dalam sambutannya, pria kelahiran Bandung ini menyatakan komitmennya untuk membantu dan mendukung proses transisi ITK. ITK diharapkan mampu menjadi institut teknologi terdepan di kawasan Indonesia timur. Dengan kalimat-kalimatnya yang mengundang haru, beliau juga menyatakan bahwa perpisahan tersebut bukanlah perpisahan dalam arti yang sebenarnya, tetapi semata-mata merupakan upaya bersama untuk mewujudkan kemandirian ITK.

Prof. Sulistijono dalam sambutannya juga sedikit menyampaikan kilas balik pendirian ITK. Dengan lugas beliau menyatakan optimisme pemindahan ITK dari Surabaya ke Balikpapan. Berbagai pertimbangan disampaikan oleh mantan Dekan Fakultas Teknologi Industri ITS ini, guna meyakinkan seluruh pihak bahwa ITK memang benar-benar siap memulai perkuliahan di Kampus Karang Joang, Balikpapan. Ucapan terima kasih disampaikan oleh alumnus Université de Technologie de Compiègne Prancis ini kepada para pimpinan ITS dan para ketua jurusan yang turut hadir.

Iqbal Huda Sitohang beserta ketiga rekannya mewakili mahasiswa ITK yang diserahkan oleh Rektor ITS kepada Rektor ITK. Acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Drs. Imam Safi’i, tenaga kependidikan senior ITS yang saat ini diperbantukan di ITK.

Pada tahun akademik 2015/2016, ITK akan memulai aktivitas perkuliahan di lokasi baru, gedung baru, dan tentunya dengan semangat baru. Semangat untuk membangun Indonesia. (ash)