Balikpapan – Di masa pandemi COVID-19, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Kalimantan, dalam kegiatan Consilium, telah mengadakan rangkaian perlombaan yang dilaksanakan secara daring yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pelajar. Rangkaian perlombaan ini dinamakan “Consilium Competition”, yang terdiri atas lomba Planstorming, Debat tingkat SMA, dan NOPEC.

Perlombaan Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat Perguruan Tinggi yaitu Planstroming diadakan pada 24-25 Oktober dan pengumuman pemenang pada tanggal 28 Oktober 2020. Pada perlombaan ini mengangkat tema “Building a Pandemic Resillience Capital City”.

Pada perlombaan ini menghadirkan 3 juri, yaitu Wahyullah Bandung,IAI, Muhammad Ali Ichwani, Ariyaningsih, S.T., M.T., M.Sc. dan pada perlombaan ini telah mendapakan 3 juara yaitu juara pertama dimenangkan oleh Mahasiswa Institut Teknologi Bandung, juara kedua dimenangkan oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro, dan juara ketiga dimenangkan oleh Universitas Pakuan.

Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Kalimantan telah mengadakan perlombaan Debat yang dilaksanakan untuk Tingkat SMA se-Kalimantan Timur. Perlombaan ini mengusung tema “Peran Generasi Muda Dalam Membangun Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara Baru”. Perlombaan ini berlangsung dari tanggal 7-8 November 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 7 SMA yang berada di Kalimantan Timur, MAN 1 Samarinda, SMAN 3 Samarinda mengirimkan 2 tim, SMAN 10 Samarinda mengirimkan 2 tim, dan SMAN 2 Sangatta Utara mengirimkan 2 tim. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 7 November yaitu babak Quarter Final dan babak Semifinal. Sedangkan babak Final dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 8 November.

Pada perlombaan ini menghadirkan 3 juri, yaitu Ibu Pipit Andriani, S.Pd., S.S., M.H., Ibu Healty Susantiningdyah, S.Pd., MAppLing., dan Ibu Alfi Suci Dirgantari, S.Pd., M.Pd.. Pada juara ini, Juara 1 diraih oleh Tim Mandara Gen – SMAN 2 Sangatta Utara, untuk Juara 2 diraih oleh Tim A – SMAN 3 Samarinda, Juara 3 diraih oleh TIM B – SMAN 3 Samarinda, serta Juara Harapan 1 diraih oleh Tim SMADA 2 – SMAN 2 Sangatta Utara. Serta terdapat pemenang untuk Best Speaker yang diraih oleh Erick Kurniawan dari Tim Mandara Gen – SMAN 2 Sangatta Utara.

Acara Consilium ITK 2020 juga menyelenggarakan kompetisi paper bagi mahasiswa dalam ajang “National Paper Competition” atau biasa disebut NOPEC. Lomba National Paper Competition Consilium ITK 2020 mengusung tema utama “Strategi Pelaksanaan Konstruksi di Masa New Normal” dan sub tema yaitu Inovasi teknologi pada pelaksanaan konstruksi di masa New Normal, Penerapan K3 pada pelaksanaan konstruksi di masa New Normal, dan Inovasi metode kerja dengan mengutamakan penerapan untuk masa New Normal. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan menghasilkan banyak karya yang inovatif, inspiratif serta aplikatif sebagai pendukung Strategi pelaksanaan konstruksi di masa New Normal. Dengan adanya inovasi tersebut diharapkan dapat memaksimalkan pelaksanaan yang terencana dan aman untuk diaplikasikan pada masa new normal, sehingga dapat membantu mempertahankan kualitas dalam bidang konstruksi.

21/11/2020 telah berlangsung final lomba NOPEC Consilium ITK. Tim yang masuk ke babak final lomba National Paper Competition Consilium ITK 2020 adalah tim Hanggar WT-XX dari universitas Gajah Madah dengan judul paper “Penggunaan Remot untuk Concrete Bucket era New Normal”, Tim Constru-CT dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan judul paper “Penerapan One Man One Bag dan Penerapan Kesehatan pada Pelaksanaan Konstruksi Gedung Bertingkat di Masa New Normal”, dan Tim Mulawarman Jaya dari Universitas Mulawarman dengan judul paper “Pengembangan Teknologi Modular untuk Efisiensi Pembangunan”.

Adapun dewan juri pada Lomba National Paper Competition Consilium ITK 2020 yaitu Ibu Ariyaningsih., S.T., M.Sc (Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota ITK), Ibu Andina Prima Putri., S.T., M.Eng (Dosen Teknik Sipil ITK), dan Bapak Dr. Eng. Ardiansyah Fauzi (Dosen Teknik Sipil ITK).

Hasil final Lomba National Paper Competition Consilium ITK 2020 yaitu juara 1 dari Tim Hanggar WT-XX dari universitas Gajah Madah, juara 2 dari Tim Mulawarman Jaya dari Universitas Mulawarman, dan juara 3 dari Tim Constru- CT dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember.